:
:
News
PBNU Terima Bantuan Humanity Matters Singapura untuk Tangani COVID-19

gomuslim.co.id – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali menerima bantuan untuk memperkuat pergerakan Satgas NU Peduli COVID-19 dalam pencegahan dan penanganan wabah pandemi COVID-19 di berbagai daerah. Kali ini, PBNU menerima bantuan dari Humanity Matters Singapura.

"Alhamdulillah kali ini PBNU menerima bantuan untuk NU Peduli COVID-19. Kami terima bantuan ini dari Humanity Matters Singapura melalui sahabat saya, Ibu Juliet,” ujar Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj di Jakarta, Kamis (16/4/2020) kemarin.

Bantuan yang diterima PBNU kali ini berupa 87 karton berisi 70 ribu masker, 5.000 sarung tangan, 2.500 alat pelindung Diri (APD), 100 termometer, dan 100 ribu tablet vitamin C.

Kiai Said pun meminta kepada Koordinator Satgas NU Peduli COVID-19 Makki Zamzami untuk segera mendistribusikan barang-barang tersebut ke posko-posko NU di berbagai daerah. "Mohon segera menyalurkan bantuan ke berbagai daerah. Jangan ditunda agar segera sampai kepada yang membutuhkan," harapnya.

 

Baca juga:

Bantu Warga Hadapi COVID-19, LAZISNU Kediri Sediakan Layanan Rehabilitas Sosial dan Mental

 

Sebelumnya, PBNU juga telah menerima bantuan untuk Satgas NU Peduli COVID-19 dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) dan Indonesia Morowali Industrial Park. Bantuan tersebut diserahkan kedua belah pihak di Gedung PBNU, Rabu, (15/4/2020) lalu.

Menurut Koordinator Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Cegah COVID-19, dr Makki Zamzami, PBNU menerima bantuan alat kesehatan dan disinfektan serta antiseptik yang akan segera disalurkan ke posko-posko NU Peduli COVID-19 di berbagai daerah.

"Biasanya alat pelindung diri (APD), masker, termasuk penutup sepatu, kita kirimkan ke rumah sakit. Sementara disinfektan kita salurkan ke posko-posko terdekat, terus antiseptik langsung ke masyarakat, masker kain juga ke masyarakat, disalurkan melalui posko-posko daerah yang tidak terlalu jauh. Saat ini distribusi agak mahal," jelasnya.

Ia merinci, bantuan tersebut ada yang dikirim pula ke beberapa rumah sakti NU di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cara penyalurannya ada yang langsung ke rumah sakit bersangkutan, ada pula yang melalui Asosiasi Rumah Sakit NU (Arsinu).

"Di Jakarta ada juga rumah sakit umum yang mengajukan permohonan APD karena mereka melihat ada bantuan dan mereka butuh di-support. Ya kita support. Di Jakarta ada juga rumah sakit milik orang NU yang masuk Arsinu, ya kita support juga," pungkasnya. (mga/NUOnline)

 

Ahli Epidemiologi PBNU Prediksi COVID-19 Alami Penurunan pada Akhir Bulan April 2020

Responsive image
Other Article
Responsive image