:
:
News
Fenomena Asteroid Dekati Bumi pada Awal Ramadhan, Begini Anjuran untuk Muslim

gomuslim.co.id - Sebuah asteroid yang saat ini dilacak oleh Pusat Studi Objek Dekat-Bumi NASA (CENOS), yang diberi nama EF 2020, akan melewati bumi pada 29 April 2020 atau saat sudah masuk bulan Ramadhan 1441 Hijriyah.

Asteroid yang diperkirakan berdiameter 1,8 hingga 4,1 Km dikabarkan tidak berpotensi membahayakan bumi dan akan hancur ketika melintasi bumi serta meledak di langit.

 

Baca juga:

Alquran Sebutkan Fakta Ilmiah Garis Edar Tata Surya

 

Lalu bagaimana seharusnya umat Islam menyikpai fenomena asteroid tersebut? Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Masjid Istiqlal, Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, apabila datang sesuatu dari alam seperti akan munculnya asteroid ke bumi maka sebagai Muslim seharusnya jangan panik.

"Iya kalau kita melihat sesuatu yang menakjubkan yang merupakan tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang maha pencipta kita umat Islam dianjurkan membaca: Masyaa Allah, Laa haulaa quata illaa billah," katanya seperti dikutip dari Okezone, Rabu (15/4/2020).

Allah berfirman dalam Surah Al-Jaatsiyah:

إِنَّ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِلْمُؤْمِنِينَ

“Sesungguhnya pada langit dan bumi benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk orang-orang yang beriman.” (QS Al-Jaatsiyah ayat:3).

Kemudian dalam firman lainnya juga disebutkan tentang semua ciptaan Allah, khususnya di langit:

أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ (17) وَإِلَى السَّمَاءِ كَيْفَ رُفِعَتْ (18) وَإِلَى الْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْ (19) وَإِلَى الْأَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ

"Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan? Dan langit, bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi bagaimana ia dihamparkan?"(QS Al-Ghaasyiyah ayat: 17-20).

 

Baca juga:

Alquran Isyaratkan Matahari sebagai Pusat Tata Surya

 

Abu Hurairah menganjurkan umat Islam untuk membaca tasbih sebanyak-banyaknya dan meminta pertolongan kepada Allah agar senantiasa dilindungi. "Kemudian bertasbih dan bertakbir berulang-ulang," ucapnya. (Mr/okezone)

Responsive image
Other Article
Responsive image