:
:
News
Otoritas Gaza Buka Kembali Perbatasan Rafah, Warga Palestina Boleh Pulang

gomuslim.co.id – Otoritas di Jalur Gaza Palestina kembali membuka perbatasan Rafah dengan Mesir sementara waktu yang sempat ditutup akibat pandemi COVID-19, Senin (13/4/2020). Pembukaan jalur ini memungkinkan ratusan warga Palestina kembali ke rumah mereka masing-masing.

Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) Palestina menyebutkan bahwa pembukaan akses lalu lintas satu arah ke daerah kantong pantai melalui penyeberangan Rafah akan diizinkan untuk dibuka selama empat hari ke depan. 

“Semua yang kembali akan dimasukkan ke dalam karantina 21 hari wajib yang dapat diperpanjang,” ujar Juru Bicara Kemendagri Gaza, Iyad Al-Bozm seperti dilansir dari publikasi Arab News, Selasa (14/4/2020).

Ia menjelaskan, sejauh ini, hanya 13 infeksi COVID-19 yang telah dikonfirmasi di Gaza. Semuanya berasal dari orang-orang yang kembali ke wilayah itu atau mereka yang berhubungan dengan mereka saat berada di karantina. Tetapi, the Strip, di bawah blokade yang diberlakukan Israel sejak 2007, adalah salah satu wilayah yang paling padat penduduknya di bumi dan memiliki sistem kesehatan yang buruk.

 

Baca juga:

Darurat COVID-19, Turki Kirim Bantuan Medis ke Palestina 

 

Sementara itu, Hamas telah memberlakukan serangkaian langkah termasuk menutup pasar, sekolah dan masjid. Gaza yang diperintah oleh kelompok Islamis sejak 2007, telah kehabisan kit pengujian COVID-19 pekan lalu. Kemudian, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengirim 480 kit pada Minggu (12/4/2020) kemarin.

Di aula kedatangan Rafah, warga yang kembali pun akan bertemu dengan lusinan petugas polisi, dokter, dan perawat yang mengenakan peralatan medis pelindung. 

Salah satu dokter yang berjaga diperbatasan, Mohamed Abu Salimeih mengatakan, di antara mereka yang kembali adalah pelajar dan orang-orang yang berada di luar Gaza untuk perawatan penyakit lain. Diketahui, perbatasan Rafah dengan Mesir adalah satu-satunya jalan keluar dari Gaza selain ke Israel. (mga/ArabNews)

 

Baca juga:

Restoran Palestina di London Sediakan Makanan untuk Petugas Medis Hingga Keamanan 

Responsive image
Other Article
Responsive image