:
:
News
Fatwa Al-Azhar Mesir: Haram Hukumnya Menghina Para Korban COVID-19  

gomuslim.co.id – Lembaga Al-Azhar Mesir mengeluarkan fatwa tentang larangan melecehkan atau menghina korban penderita COVID-19. Pasalnya saat ini, masih ada sebagian orang yang anti terhadap korban virus corona lantaran menganggap bahwa virus yang berawal dari Wuhan-China itu merupakan sebuah aib.

Al-Azhar secara resmi mengeluarkan fatwa tersebut pada Sabtu (11/4/2020). "Adalah haram hukumnya mengusik dan mengganggu para menderita coronavirus atau tidak menghargai mereka atau menghina kepada mereka yang kehilangan nyawa akibat virus ini, berdasarkan kewajiban penghormatan kepada manusia selama hidup mereka dan setelah kematian mereka,” demikian pernyataan tersebut seperti dilansir dari publikasi Iqna, Senin (13/4/2020).

 

Baca juga:

Komite Al-Azhar: Muslim Tetap Puasa Ramadhan Meski Pandemi COVID-19 Mewabah

 

Al-Azhar juga mengeluarkan fatwa yang melarang masyarakat dalam penggunaan kekerasan terhadap mereka yang terinfeksi virus. Fatwa tersebut lantas mendapat dukungan dari para mufti Mesir.

Diketahui, fatwa tersebut dikeluarkan di sebuah desa di Mesir bersamaan dengan dimakamkannya seorang dokter yang meninggal karena virus corona. Penduduk desa awalnya percaya bahwa mengubur mayat dokter di desa akan menyebarkan penyakit kepada mereka. Maka dari itu, guna mencegah masyarakat melakukan tindakan intimidasi terharap para korban COVID-19 tersebut pun, Al-Azhar mengeluarkan fatwa tersebut. (mga/Iqna)

 

Baca juga:

Pusat Fatwa Al-Azhar Jelaskan Aturan Puasa Ramadhan selama Pandemi Corona

Responsive image
Other Article
Responsive image