:
:
News
Sekitar 23.000 Orang Suspect COVID-19 di Arab Saudi Telah Pulih

gomuslim.co.id – Lebih dari 35.000 orang warga Arab Saudi berada di rumah sendiri selama masa karantina suspect COVID-19. Sekitar dua pertiganya atau 23.000 orang telah dinyatakan pulih atau mengakhiri masa karantina yang diperlukan dan telah dibersihkan oleh pejabat kesehatan.

Namun, masih ada lebih dari 12.000 yang masih berada di karantina. Sedangkan 9.000 di antaranya berada dalam karantina mandiri di rumah masing-masing, dan 3.000 di akomodasi yang ditunjuk.

Hingga Kamis (9/4/2020) kemarin, Arab Saudi mencatat 355 kasus baru COVID-19. Angka tersebut menjadikan jumlah kasus aktif menjadi 2.577 dengan total 3.287 kasus yang dilaporkan sejak awal wabah.

Kasus-kasus baru tersebut pun merujuk pada yang telah dilaporkan selama 24 jam terakhir dengan rincian, 89 tercatat di Madinah, 83 di Riyadh, 78 di Mekah dan 45 di Jeddah. Saat ini ada 41 kasus di unit perawatan intensif. Ada 35 pemulihan diumumkan, sehingga jumlah total menjadi 666 pemulihan sejauh ini dengan tiga kematian baru, menjadikan total korban tewas menjadi 44.

“Ada sejumlah layanan dan aplikasi yang tersedia untuk pengguna 24/7; layanan ini tersedia untuk memberikan saran medis melalui nomor 937 atau aplikasi 'Sehha' oleh para ahli medis sepanjang waktu,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Dr. Mohammed Al-Abd Al-Aly seperti dilansir dari publikasi Arab News, Jumat (10/4/2020).

Al-Aly mengatakan bahwa pembaruan tentang COVID-19 di Kerajaan dengan detail penyebaran geografisnya dapat ditemukan di covid19.moh.gov.sa. Bahkan, pihaknya juga telah membuka pendaftaran bagi para relawan medis yang siap membantu Kementerian Kesehatan untuk melawan wabah pandemi COVID-19.

 

Baca juga:

Agar Warga Tetap di Rumah, Otoritas Medis Kota Najran Saudi Kirimkan Obat ke Ribuan Pasien

 

"Menanggapi panggilan relawan, praktisi kesehatan dan spesialis di berbagai bidang dukungan dalam relawan kesehatan, Kementerian Kesehatan telah meluncurkan platform relawan. Saat ini sekitar 80.000 relawan mendaftar sejauh ini. Relawan pun dapat mendaftar melalui https://volunteer.srca.org.sa.” ungkanya.

Selain itu, Kementerian juga telah meluncurkan kampanye kesadaran kesehatan masyarakat baru yang disebut "Meteran dan Setengah" dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran sosial tentang pentingnya jarak sosial. Pesan yang disiarkan melalui beberapa platform yang mendorong individu untuk menjaga jarak satu setengah meter antara orang di dalam dan di luar rumah tangga, untuk menghilangkan penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, National Cybersecurity Authority (NCA) Nasional juga telah memperingatkan warga untuk waspada terhadap pesan dari akun palsu bertuliskan nama Departemen Kesehatan dan meminta untuk mengklik tautan. NCA telah memperingatkan tautan phishing dan penipuan seperti itu karena mereka dapat mencuri informasi pribadi.

Otoritas pun mendorong orang untuk mengikuti sumber berita yang dapat dipercaya dari akun resmi kementerian kesehatan, memastikan pesan yang diterima berasal dari akun resmi dan mengecek dengan pengirim sebelum membuka tautan anonim. (mga/ArabNews)

 

Baca juga:

150 Anggota Kerajaan Disebut Terpapar COVID-19, Raja Salman Isolasi Diri ke Pulau

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store