:
:
News
Komite Al-Azhar: Muslim Tetap Puasa Ramadhan Meski Pandemi COVID-19 Mewabah

gomuslim.co.id - Bulan suci Ramadhan diperkirakan akan dimulai pada Kamis malam tanggal 23 April 2020. Dengan demikian, umat muslim akan mulai berpuasa pada besok harinya, Jumat tanggal 24 April.   

Sebagai waktu untuk refleksi, kontemplasi, dan perayaan, umat Islam memanfaatkan bulan Ramadhan untuk berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam, membaca Alquran, dan berkumpul di malam hari untuk salat tarawih.

Namun demikian, tahun ini bulan Ramadhan datang pada saat yang sulit karena pandemi coronavirus melanda seluruh dunia. Salah satu pertanyaan di benak banyak orang adalah apakah Muslim akan puasa Ramadhan atau tidak.

Al-Azhar, sebagai lembaga tertinggi otoritas Islam Sunni, bereaksi terhadap hal ini dalam sesi mendesak. Otoritas Al-Azhar mengatakan bahwa umat Islam harus berpuasa selama bulan Ramadhan terlepas dari wabah coronavirus.

Komite yurisprudensi Al-Azhar menyebut dalam sebuah pernyataan resmi bahwa "belum ada bukti ilmiah tentang hubungan antara orang berpuasa dan tertular virus."

 

Baca juga:

Pusat Fatwa Al-Azhar Jelaskan Aturan Puasa Ramadhan selama Pandemi Corona

 

"Keputusan syariah tentang puasa tetap tidak berubah, bahwa puasa adalah kewajiban bagi semua Muslim, kecuali mereka yang dibebaskan dari puasa dengan alasan yang sah," katanya , seperti dilansir dari publikasi Al-Ahram, Jumat (10/4/2020).

Pernyataan itu muncul di tengah-tengah perdebatan di media sosial tentang apakah pandemi akan mempengaruhi Ramadhan, dan ketidakpastian atas efeknya pada ziarah haji, yang biasanya dilakukan oleh lebih dari 2 juta peziarah.

Tidak ada pertemuan

Di sisi lain, pemerintah Mesir melalui Kementerian Wakaf Islam telah mengumumkan akan melarang pertemuan keagamaan publik selama bulan suci Ramadhan. Larangan itu berlaku untuk setiap pertemuan dan berbuka puasa bersama, atau buka puasa, serta kegiatan sosial kolektif.

Larangan itu juga akan berlaku untuk pelaksanaan Itikaf, sebuah amalan ketika umat Islam menghabiskan 10 hari terakhir dalam sebulan di masjid untuk berdoa dan bermunajat. (jms/alahram/aboutislam)

 

Baca juga:

Cegah Penyebaran Corona, Pemerintah Mesir Larang Salat Tarawih di Masjid Selama Ramadan

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store