:
:
News
Cegah COVID-19, UMP Berdayakan Komunitas Dhuafa Produksi Masker Kain 

gomuslim.co.id – Langkanya masker guna mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) mendorong berbagai kampus untuk bergerak. Salah satunya seperti Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang memberdayakan Komunitas Duafa Binaan Pusat Studi Dakwah Komunitas (PSDK). Komunitas yang berada di Kampung Rahayu itu diajak memproduksi masker berbahan kain.

Penanggung Jawab dan Koordinator Komunitas Duafa Binaan PSDK UMP, Bayu Kurniawan mengatakan bahwa dalam proses produksi, para anggota nampak penuh semangat dalam bekerja. “Ada beberapa jenis masker yang diproduksi oleh mereka. Dan mereka tampak senang melakukan itu,” ujarnya.

 

Baca juga:

Lewat Lazismu, FIDKOM UIN Jakarta Salurkan Bantuan untuk Guru Ngaji dan Mubaligh

 

Bayu mengungkapkan, kelebihan masker kain yang diproduksi komunitas duafa binaan UMP tersebut efektif untuk mencegah virus dan bisa diisi tisu. Masker yang terbuat dari kain dan dilengkapi dengan tali karet ini, kata Bayu, memiliki dua lapis dengan bahan osford produksi komunitas binaan. "Memakainya juga nggak ribet dan bisa menutup bagian mulut dan hidung dengan sempurna," ungkap Bayu.

Sementara itu, Rektor UMP Anjar Nugroho mengungkapkan, menanggapi kondisi pandemik Covid-19 yang saat ini terus berkembang, UMP telah melakukan berbagai aksi secara cepat untuk dapat memberikan bantuan yang esensial, untuk membantu mereka yang terkena dampak. Mulai dari pembagian hand sanitizer gratis, mendirikan posko covid 19, membagikan sembako, sampai memperdayakan komunitas duafa. 

“Kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam mengendalikan penyebaran pandemi ini dengan apapun yang dapat kami lakukan,” pungkasnya. (mga/Muhammadiyah)

 

Baca juga:

Rektor UIN Jakarta Terima Dua Penghargaan MURI

Responsive image
Other Article
Responsive image