:
:
News
Kumandang Adzan Menggema di 100 Masjid Jerman dan Belanda Saat Pandemi Corona

gomuslim.co.id – Sebuah masjid di Jerman mulai mengumandangkan adzan untuk meningkatkan moral umat Islam di tengah wabah pandemi COVID-19 dan kebijakan lockdown. Tak hanya itu, kumandang adzan bahkan diserukan di hampir 100 masjid yang ada di Jerman dan Belanda melalui pengeras suara yang dipasang di menara masjid sejak Jumat (3/4/2020) lalu.

Kumandang adzan tersebut diserukan di tiap-tiap masjid milik kelompol payungTurki-Muslim DITIB Merkez Mosque di kota Duisburg barat, dan Islamic National National View (IGMG). 

“Panggilan Muslim untuk berdoa dapat didengar dari lebih dari 50 masjid lokal. Adzan yang disiarkan melalui pengeras suara umumnya tidak diizinkan di Jerman, kecuali untuk acara-acara khusus,” ujar salah satu Perwakilan DITIB di Essen Jerman, Fahrettin Alptekin seperti dilansir dari publikasi Siasat, Rabu (8/4/2020).

 

Baca juga:

Ketua MUI Sumbar Minta Kumandang Adzan Ditambah Lafadz 'Shollu fi Buyutikum'


Sementara itu, Ketua Asosiasi Regional DITIB yang juga merupakan sukarelawan di Masjid Duisburg, Hülya Ceylan mengungkapkan bahwa sejumlah kelompok gereja disana juga mendukung hal tersebut. "Gereja-gereja tetangga kami bertanya ‘apakah kami ingin mengambil bagian dalam tanda solidaritas ini setiap malam ?’ Mereka pun mengatakan ‘kami dapat mendukung komunitas Muslim secara spiritual melalui panggilan untuk berdoa’," kisanya.

Di Belanda sendiri, adzan yang disiarkan melalui pengeras suara tumbuh lebih luas untuk mempromosikan solidaritas terhadap virus. Berdasarkan laporan dari situs berita al-Bawaba, dikatakan bahwa setelah Italia dan Spanyol, Jerman adalah negara di Eropa yang paling parah dilanda pandemi. Bahkan, korban tewas Jerman naik menjadi 1.230 pada hari Jumat, sementara korban tewas Belanda melampaui 1.487. (mga/Siasat/dbs)

 

Baca juga:

Masjid Tutup Akibat Corona, Muslim Finlandia Gelar Salat Jumat via Siaran Online

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store