:
:
News
Insinyur Muslim Ini Ciptakan Robot COVID-19 untuk Deteksi Virus Corona

gomuslim.co.id - Insinyur Muslim, Muhammad Othman Ballula membuat Robot COVID-19. Robot ini dirancang untuk mendeteksi orang yang terdampak virus corona atau COVID-19.

Dilansir dari Mvslimfeed, Selasa (7/4/20), alat ini terdiri dari robot dan pengontrol yang bekerja dengan kecerdasan buatan dan internet. Robot dapat memonitor dan mengukur gejala paling umum penyakit COVID-19 dan mengukur suhu pasien dari jarak hingga dua meter menggunakan kamera termal, juga menggunakan termometer tanpa menyentuh, dan memeriksa kesulitan bernafas pada pasien dengan mengukur konsentrasi oksigen dalam darah dan detak jantung serta memantau bersin dan batuk.

 

Baca juga:

Profesor Muslimah Asal Singapura Buat Alat Tes COVID-19 Tercepat di Dunia, Cukup 5 Menit

 

Pria yang menjabat sebagai Wakil Direktur Pusat Inovasi Universitas Ajman ini mengatakan bahwa robot tersebut dilengkapi dengan sistem kecerdasan buatan, sehingga ia dapat mengenali gejala COVID-19 dengan menganalisis dari suara dengan orang-orang tersebut. Kemudian menampilkannya secara visual di konsol layar yang menampilkan semua informasi tentang pasien yang diduga memiliki virus.

Alat ini juga memiliki layar yang terhubung ke kamera, dengan kamera video dapat diputar 360 derajat. Sehingga semua orang melihat segala sesuatu yang terjadi di samping orang yang dicurigai terinfeksi dengan virus, dan orang yang mengendalikan robot dapat berbicara dengan orang yang diduga tertular virus.

Tujuan utama proyek pembuatan robot ini adalah untuk melindungi dan memberikan perlawanan terhadap virus COVID-19.

 

Baca juga:

Nasrullah Magnet Rizki Bagikan Metode 'Garpu Tala' untuk Pasien Corona, Begini Penjelasannya

 

“Robot ini bekerja untuk melindungi masyarakat dan memberikan perlawanan terhadap Virus Covid 19. Proyek ini dirancang di luar tugas para tim medis dan memanfaatkan sains untuk berkontribusi mengurangi jumlah orang yang terinfeksi virus corona,” ungkapnya

Robot ini dapat bekerja sendiri atau dikendalikan dari ruangan kendali, bisa diletakkan bandara, kantor pemerintahan, pusat komersial, rumah sakit, klinik, universitas, sekolah dan stasiun kota atau tempat-tempat yang penuh dengan orang hilir mudik. (Mr/Mvslimfeed)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store