:
:
News
Malam Nisfu Sya'ban, PWNU Jatim Ajak Umat Islam Istighosah Kubro Secara Daring

gomuslim.co.id – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) mengajak umat Islam mengikuti istighosah kubro untuk keselamatan dari pandemik virus Corona (COVID-19). Kegiatan ini rencananya digelar secara dalam jaringan (daring) pada Rabu (8/4/2020) besok pukul 19.30 WIB.

Katib Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) KH Syafruddin Syarif mengungkapkan istighosah kubro digelar daring mengikuti protokol physical distancing anjuran dari pemerintah.

Istighosah online ini akan ditayangkan secara langsung melalui siaran televisi, radio, hingga streaming di media sosial. "Istighosah kubro digelar bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang akan ditayangkan secara langsung oleh TVRI pada Rabu pukul 19.30 WIB," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/4/2020).

KH Syafruddin menjelaskan kegiatan istighosah berlangsung di tiga tempat, yaitu Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kantor PWNU Jatim di Surabaya dan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.

Beberapa kiai akan mengikuti istighosah di kantor PWNU Jatim dan Pondok Lirboyo Kediri, sedangkan di Gedung Negara Grahadi akan bergabung pejabat Forkopimda yang terdiri Gubernur Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim.

"Mari berdoa kepada Allah SWT agar pandemi COVID-19 segera diangkat dari Bumi Indonesia. Istighosah adalah perintah Allah kepada Nabi Muhammad SAW ketika berada di tengah berkecamuknya perang badar," ucapnya.

 

Baca juga:

Pandemi Corona, Ulama Banten Ajak Umat Islam Baca Qunut Nazilah Setiap Salat

 

Sementara itu, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar menyerukan agar masyarakat menyaksikan kegiatan istighosah ini di depan televisi atau media sosial masing-masing sambil mengikuti dzikir yang dipandu para kiai.

"Istighosah akan dilaksanakan selama satu jam. Mari bersama-sama memohon pertolongan Allah semoga Jawa Timur dan Indonesia terbebas dari pandemi COVID-19. Kami yakin akan dikabulkan Allah SWT," pungkasnya. 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar warga di wilayah itu dalam menghadapi corona yang tengah mewabah. "Ini adalah munajat kita kepada Allah SWT. Kita mohon kepada Allah mudah-mudahan masyarakat Jatim sehat, dan badai COVID-19 segera diangkat Allah SWT dari bumi Indonesia," katanya.

Acara istighosah kubro online ini, kata dia, digelar bertepatan dengan malam Nisfu Sya'ban. Malam itu, sebutnya, adalah malam yang tepat untuk memanjatkan doa memohon pertolongan kepada yang Esa. 

"Kamis (9/4), kebetulan Nisfu Sya'ban, malam di mana Allah mengabulkan doa hambanya. Mudah-mudahan kekhusyukkan kita dipandu 19 ulama dan PWNU Jatim akan menjadi pintu pembuka seluruh ikhtiar kita terbebas dari COVID-19," kata Mantan Menteri Sosial tersebut. (hmz/nu/ant/dbs)

 

Baca juga:

Imbau Tak Mudik, PBNU Ajak Umat Islam Rayakan Lebaran Secara Online

Responsive image
Other Article
Responsive image