:
:
News
Petarung Muslim UFC Ini Bagikan Tips Kuat Berlatih Saat Puasa Ramadhan

gomuslim.co.id – Petarung Muslim UFC asal Amerika Serikat, Belal Muhammad, mengaku terbiasa kuat berlatih dan berlaga saat di berpuasa di bulan Ramadhan. Sejak 2016 hingga 2018, Belal bahkan tak pernah absen bertarung di tengah bulan Ramadhan.

Dilansir dari publikasi ESPN FC, Senin (6/4/2020), sebagai seorang muslim, Belal mengaku tidak pernah terlewat menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Katanya, dengan berpuasa di bulan Ramadhan, justru Belal merasa fisiknya lebih kuat dari hari biasanya.

"Setiap tahun, saya terus menjadi lebih terbiasa dengan itu (berlatih dan bertarung pada bulan Ramadhan). Seperti umat muslim lain yang berpuasa, saya biasa bangun pada dini hari untuk makan sahur," tuturnya.

Jika ada jadwal latihan, ia punya menu makanan khusus yang dikonsumsi untuk menjaga fisiknya agar tetap terjaga. Menu sahur Belal terdiri dari telur, roti, protein bar, 3,7 liter air, serta sebotol pedialyte atau larutan pencegah dehidrasi.

Setelah sahur, Belal akan tidur sebentar dan memulai latihan pada pukul 9 pagi. Petarung berusia 31 tahun itu akan berlatih dalam tiga sesi, di mana sesi terakhir diakhiri dengan berbuka puasa.

 

Baca juga:

Lewat UFC, Petarung Muslim Ini Ingin Ubah Pandangan Negatif pada Islam

 

Saat berbuka puasa pun makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak sembarangan. Belal sangat menghindari makan banyak dalam porsi besar.

Biasanya, untuk berbuka puasa menu yang pertama dipilihnya adalah pedialyte, lalu dilanjutkan dengan minuman protein plus dua makanan kecil sebelum tidur. Dengan kebiasaan seperti demikian, Belal mengaku merasa fisiknya lebih kuat saat Ramadhan.

"Terkadang saya benar-benar merasa lebih kuat saat bulan (Ramadhan) berlangsung. Energi saya naik level, bahkan pelatih saya saat meegangi pad sampai bilang 'Kamu tak terlihat seperti sedang puasa',” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kunci di balik fisiknya yang prima adalah dengan cara terus menjaga dan merawat tubuh.

"Tubuh ini luar biasa sekali dan bisa beradapasi di berbagai situasi. Itu hanya soal bagaimana kamu memperlakukan tubuhmu," pungkasnya.

Untuk diketahui, Belal dinanti jadwal pertarungan melawan Lyman Good dalam UFC 249. Duel kelas welterweight itu direncanakan digelar pada Sabtu (18/4/2020) waktu lokal bersamaan dengan pertarungan Khabib Nurmagomedov melawan Tony Ferguson. (hmz/espn-fc/dbs)

 

Baca juga:

Ini Alasan Khabib Nurmagomedov Tolak Bertarung Selama Ramadhan

Responsive image
Other Article
Responsive image