:
:
News
Cendekiawan Muslim Saudi: Air Zamzam, Jintan Hitam dan Madu Alternatif Obat Virus Corona

gomuslim.co.id - Cendekiawan Muslim dari Arab Saudi, Syeikh Prof. Dr. Ibrahim bin Amir ar-Ruhailiy, membagikan resep melindungi diri dari serangan virus corona. Dalam tulisannya yang diterjemahkan Muhammad Sulhan berjudul "Pedoman Syar’i Pelindung Diri Dari Wabah Corona".

Profesor di Fakultas Dakwah dan Ushuluddin Universitas Islam Madinah itu mengingatkan hendaknya dalam menangani wabah corona menggunakan metode syar’i. Dia meyakini metode syar'i lebih mumpuni dibandingkan cara-cara duniawi. Dia menyebut air zamzam, jintan hitam dan madu dapat sebagai obat bagi mereka yang terkena virus corona.

 

Baca juga:

Praktisi Kesehatan: Dua Vitamin Ini Ampuh Tangkal Penyebaran COVID-19 

 

"Metode-metode syar’i ini dapat dipastikan memiliki pengaruh besar dan manjur dalam mewujudkan keselamatan dari wabah corona dan yang semisalnya. Karena metode tersebut merujuk kepada wahyu yang tak mungkin dapat dimasuki oleh hal batil sama sekali," tutur Ibrahim

Menurutnya, Berobat diizinkan dan dianjurkan dalam Islam. Nabi Muhammad SAW mengatakan, “tidaklah ada penyakit melainkan pasti ada obatnya.” Menurut Ibrahim, ini merupakan petunjuk untuk berobat dan berikhtiar guna memperoleh kesehatan.

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit melainkan menurunkan pula obatnya.” HR Bukhari (5678).

Muslim meriwayatkan dari Jabir, dari Rasulullah SAW bahwasanya beliau bersabda:

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Setiap penyakit ada obatnya. Apabila obat cocok untuk penyakitnya niscaya akan sembuh dengan izin Allah ‘azza wa jalla.”Riwayat Muslim (5792).

Ia merujuk pada hadis nabi yang diriwayatkan oleh Abu Dzar RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Air zamzam adalah makanan mengenyangkan dan kesembuhan dari berbagai penyakit.” Riwayat al-Bazzar di dalam Musnad-nya (3929) dan disahihkan oleh al-Albani di dalam kitab Shahih at-Targhib wa at-Tarhib (2/40).

Dari Jabir ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Air zamzam berkhasiat sesuai tujuan ia diminum". (Riwayat Ahmad di dalam al-Musnad (14849) dan disahihkan oleh al-Albani dalam kitab Shahih al-Jami’ (5502).

Kesembuhan yang Allah SWT berikan kepada orang-orang sakit dengan perantara meminum air zamzam merupakan realita masyhur di tengah-tengah masyarakat zaman dahulu dan sekarang.

 

Baca juga:

Tim Periset Ini Sebut Minum Jus Jeruk dan Kulitnya Dapat Tangkal COVID-19



Ibnul Qayyim RA mengatakan: “Sungguh aku dan orang-orang telah mencoba meminta kesembuhan dengan perantara air zamzam. Aku pernah meminta kesembuhan dari beberapa penyakit dengan perantaranya. Lalu aku pun sembuh dengan izin Allah.

Pernah juga diriku menyaksikan seseorang yang hanya mengonsumsi zamzam selama beberapa hari hingga hampir setengah bulan atau lebih, namun ia tidak merasa lapar. Ia mampu mengerjakan tawaf bersama orang-orang biasa saja seperti mereka. Dia juga memberitahuku bahwa dirinya terus dalam keadaan seperti itu selama empat puluh hari, namun ia tetap kuat untuk menggauli istrinya, berpuasa dan melakukan tawaf hingga berkali-kali.

"Inilah yang dapat saya disampaikan. Aku memohon kepada Allah yang Maha mulia untuk menjaga kita dan seluruh kaum muslimin dari segala keburukan, bala’ dan wabah. Semoga Allah menyembuhkan orang-orang yang sakit dari kaum muslimin, dan segera memberikan kesembuhan kepada mereka, serta menjadikan apa yang menimpa mereka sebagai pelebur dosa," ujar Ibrahim. "Allahu a’lam. Semoga," tutup Syeikh Prof. Dr. Ibrahim bin Amir ar-Ruhailiy dalam tulisannya. 

Ia juga mengajak umat untuk bertaubat kepada Allah, bertawakal kepada Allah, berdoa dan berlindung kepada Allah, terakhir membentengi diri dengan kalimat dzikir dan doa. (Mr/sindo)

Responsive image
Other Article
Responsive image