:
:
News
Ansitipasi Pandemi di Area Masjid, Badan Wakaf Alquran Luncurkan ‘Aksi Lawan COVID-19’

gomuslim.co.id – Badan Wakaf Alquran (BWA) meluncurkan aksi bertajuk "Lawan COVID-19 Kuatkan Indonesia", Kamis (26/3/2020). Melalui aksi tersebut, BWA akan menjalankan aksi bersih-bersih pada sejumlah masjid yang bertujuan agar rumah ibadah guna mengantisipasi ancaman pandemi COVID-19. Tak hanya itu, BWA juga memberikan sejumlah alat pelindung diri (APD) ke rumah-rumah sakit kecil di pinggiran kota.

Chief Executive Officer (CEO) BWA, Ustadz Heru Binawan menyampaikan, BWA ingin menjadi bagian solusi dari wabah COVID-19 yang menyebar di tengah masyarakat Indonesia. Jadi BWA ingin mewadahi para wakif yang ingin memberikan donasi untuk membantu menghadapi wabah COVID-19.

"Posisi kami menjadi fasilitator bagi orang-orang yang mau berdonasi untuk mendukung upaya melawan COVID-19, kegiatan yang kami kerjakan barangkali sama dengan lembaga-lembaga lain," ujar Ustaz Heru, Kamis (26/3/2020).

Ia mengatakan, BWA akan menyiapkan ADP, hand sanitizer, vitamin dan suplemen untuk membantu tenaga medis untuk menjaga daya tahan tubuh. Saat ini, BWA pun sedang mencari APD yang kemudian akan didistribusikan ke rumah sakit kecil di pinggiran kota, karena rumah sakit besar sudah dibantu pemerintah.

Ia menilai, banyak rumah sakit kecil yang memminta APD secara khusus. Maka dari itu, BWA akan menyisir rumah sakit yang membutuhkan APD. Kemungkinan APD akan disalurkan ke rumah sakit yang membutuhkan di sekitar Jakarta dan Jawa Barat.

 

Baca juga:

BWA Siap Resmikan Wakaf Sarana Air Bersih di Dusun Sukoharjo Bantul

 

 

"Beberapa rumah sakit yang menghubungi kami ada di Ciawi (Bogor), ada di Jawa Barat, tapi kalau memang wabah ini panjang periodenya rumah sakit di wilayah lain bisa dibantu juga, tergantung dana yang dihimpun BWA," ungkapnya.

Sebelumnya, Ustadz Heru telah menduga bahwa COVID-19 akan lama mewabah di tengah masyarakat Indonesia dan akan terjadi lockdown. Untuk itu BWA pun menyiapkan program-program untuk membantu masyarakat. “BWA tidak hanya membantu tenaga medis tapi juga akan membantu masyarakat. Namun saat ini fokus BWA membantu tenaga medis dulu,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Aksi 'Lawan COVID-19 Kuatkan Indonesia' dibuka dengan membersihkan Masjid Arrahmah di Tebet, Jakarta Selatan. Di sana, BWA membersihkan masjid dengan disinfektan dan memberikan hand sanitizer. Selanjutnya BWA akan membersihkan masjid-masjid lainnya.

Ustaz Heru mengingatkan bahwa saat ini masyarakat Indonesia sedang menghadapi ujian dari Allah SWT. Masyarakat harus bisa memilih aktivitas yang tepat supaya tindakan yang diambil tidak membuat COVID-19 semakin mewabah.

"Kepada saudara-saudara kita yang kelebihan rezeki, tentu saat ini kesempatan kita untuk mengejar pahala melalui harta kita, sudah banyak lembaga yang melawan Covid-19, masyarakat silahkan donasi untuk membantu melawan COVID-19," pungkasnya. (mga/Rep)

 

Baca juga:

BWA Indonesia Bagikan Puluhan Ribu Alquran di Sorong Papua Barat

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store