:
:
News
Putus Penyebaran COVID-19, PBNU Keluarkan Instruksi Taat Pemerintah

gomuslim.co.id – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan instruksi kepada warga NU untuk mengikuti aturan Pemerintah terkait menahan penularan wabah COVID-19. Instruksi itu disampaikan melalui surat Nomor.3945/C.l.34/03/2020 tentang Protokol NU Peduli COVID-19.

Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siraj mengatakan, sebagai upaya memutus rantai sebaran virus, PBNU menginstruksikan kepada seluruh Perwakilan Wilayah (PW), Perwakilan Cabang (PC), Majelis Wakil Cabang (MWC), Pengurus Ranting (PR) dan Pengurus Anak Ranting NU serta seluruh Lembaga dan Badan Otonom NU di semua tingkat untuk selalu mendengar instruksi pemerintah.

“Pemerintah menyampaikan instruksinya demi melindungi warganya agar tidak ada yang menderita positif corona,” ungkap Said Aqil dalam keterangannya, Kamis (26/3/2020).

Oleh karenanya PBNU membuat protokol tentang penanganan penyebaran COVID-19 sebagai berikut:

Pertama, Mematuhi instruksi, imbauan, dan protokol yang ditapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi COVID-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (social distancing).

 

Baca juga:

LBM PBNU: Pasien Covid-19 yang Wafat Termasuk Golongan Syahid

 

Kedua, Tidak mengadakan segala bentuk kegiatan yang mengundang massa dan kerumunan.

Ketiga, Meliburkan sementara kegiatan-kegiatan rutin seperti pengajian. Tahlilan, dziba'an, lailalul ijtima', dan rapat organisasi. Jika dibutuhkan, dapat dilakukan secara daring (online).

Keempat, Kegiatan seperti jamaah, tahlilan, dziba'an, untuk sementara dilakukan di rumah masing-masing.

Kelima, Kepada seluruh pesantren yang berada di bawah naungan RMI diinstruksikan untuk:

a. Meliburkan seluruh kegiatan pesantren dan meniadakan kegiatan yang melibatkan banyak santri.

b. Apabila dimungkinkan, para santri dipulangkan ke rumah masing-masing dan dijemput oleh wali santri dengan tidak menggunakan sarana transportasi umum.

c. Bagi santri yang ingin tetap tmggal di pesantren, hendaknya dilakukan prosedur yang ketat dalam menjaga kesehatan dan kebersihan, termasuk mengikuti protokol yang ditetapkan Pemerintah.

Keenam. Memperbanyak doa dan amaliah sebagaimana intruksi PBNU sebelumnya serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi COVID-19 bisa diatasi dengan segera.

Demikian instruksi PBNU yang hendaknya dipatuhi oleh semua warga NU. (hmz/nu)

 

Baca juga:

Cegah Corona, PWNU Jatim Adakan Penyemprotan Disinfektan 

Responsive image
Other Article
Responsive image