:
:
News
Masjid Tutup Akibat Corona, Muslim Finlandia Gelar Salat Jumat via Siaran Online

gomuslim.co.id – Wabah virus corona (COVID-19) membuat pelaksanaan salat berjamaah dan salat Jumat di masjid dihentikan sementara waktu. Para ulama menganjurkan pelaksanaan salat Jumat diganti menjadi salat dzuhur di rumah. Namun, pekan lalu di Finlandia, umat muslim menggelar salat Jumat secara online untuk pertama kalinya. 

Dilansir dari publikasi Dailysabah, Kamis (26/3/2020), seorang imam dari Komunitas Islam Finlandia, Ramil Belyaev memimpin doa dalam siaran langsung yang ditayangkan di halaman Facebook-nya, setelah Masjid di Helsinki dan Javenpaa ditutup untuk jamaah karena corona.

 

Baca juga:

COVID-19 Kian Masif, Saudi Larang Kegiatan Salat di Pelataran Dua Masjid Suci

 

Belyaev mengatakan, salat Jumat merupakan salah satu kewajiban umat Muslim yang harus dilaksanakan apapun kondisinya. Belyaev berujar, bahwa gagasan melaksanakan salat di rumah awalnya diajukan anggota komunitas tersebut. “Mereka kemudian menggunakan teknologi modern dengan membuat siaran online,” ungkap Belyaev.

Ia mengatakan bahwa sekitar 60 orang menghadiri doa bersama online, sementara dalam keadaan normal sekitar 100 anggota komunitas secara bersama-sama mengadakan Shalat Jumat. Selama siaran salat Jumat ditayangkan, Belyaev menyampaikan khutbah serta memimpin doa untuk para jamaah. (hmz/dailysabah)

 

Baca juga:

Corona Infeksi 62 Orang, Sejumlah Masjid di Afrika Selatan Tutup Sementara

Responsive image
Other Article
Responsive image