:
:
News
Awalnya Menentang, Kini Cendekiawan Muslim Senior Inggris Dorong Jamaah Ibadah di Rumah

gomuslim.co.id – Sejumlah Cendekiawan Muslim senior di Inggris yang sebelumnya menolak seruan agar masjid ditutup karena virus corona (COVID-19), kini justru memerintahkan para jamaah untuk beribadah dan salat di rumah.

Dilansir dari 5 Pillars, Rabu (25/3/2020), para sarjana dan mufti senior Deobandi dari London, Bradford, Leicester, Bury, Blackburn, Lancaster, Dewsbury, Batley dan Bolton bahkan mengeluarkan deklarasi yang mengatakan setiap orang harus tinggal di rumah dan melakukan salat di rumah.

Namun, untuk menghindari penutupan masjid sepenuhnya, mereka mengatakan minimal harus ada empat atau lima orang sehat dipilih untuk menjaga masjid, mengelola pemakaman, dan melakukan salat dengan tetap menjaga langkah pencegahan.

 

Baca juga:

Tekan Penyebaran Corona, FMO Inggris Imbau Kurangi Kunjungan ke Masjid

 

Sebelumnya mereka berpendapat bahwa masjid harus tetap terbuka untuk salat berjamaah dengan pembatasan karena pentingnya salat dalam Islam. Terlebih, pemerintah sebelumnya belum memerintahkan untuk penutupan dan masyarakat belum diberlakukan lockdown.

Akibat pengaruh mereka, ratusan masjid di Inggris terbujuk untuk tetap buka meskipun ada larangan mengadakan pertemuan massa dari dalam komunitas Muslim.

Setelah deklarasi tersebut, banyak masjid mengumumkan akan menutup meskipun beberapa masjid masih tetap terbuka.

"Setelah dengan hati-hati mempertimbangkan sifat virus yang menular dan cepat menyebar ini serta dampaknya terhadap kehidupan, bersama dengan implikasi sosial, agama dan politik, para ahli sepakat dengan pedoman Pemerintah dan Kesehatan Inggris. Semua Muslim dan warga Inggris harus mengadopsi jaga jarak aman antar manusia. Tindakan pencegahan lain, seperti menerapkan kebersihan dan mengurangi perjalanan, juga harus diambil,” ujar para ulama. (mga/5Pillars)

 

Baca juga:

Mufti Inggris Keluarkan Panduan Baru Cegah Corona, Hanya Lima Orang Boleh Jamaah di Masjid

Responsive image
Other Article
Responsive image