:
:
News
Aa Gym: Mencegah Mudharat Lebih Utama Daripada yang Mendatangkan Manfaat

gomuslim.co.id - Penurunan spanduk pemberhentian sementara salat Jumat di Masjid Agung Kota Bandung, pada Jumat (20/3) lalu menuai banyak tanggapan. Salah satunya dari KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) tersebut menilai, kecintaan terhadap masjid bagi umat muslim sangat besar.

Menurutnya, bagi orang yang sering ke masjid dan mencintai masjid pasti sangat berat dengan adanya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan anjuran dari pemerintah. Namun jika anjuran tersebut dibaca dan dipahami dengan baik, disertai memahami pula keadaan nyata di masyarakat, umat akan semakin bijak.

“Insya Allah jika disosialisasikan dengan baik bahwa ini untuk mencegah yang bisa mendatang mudharat, dan itu lebih utama daripada yang bisa mendatangkan manfaat,” katanya dalam rekaman suara yang tersebar di media sosial.  

Aa Gym mengatakan, belum semua masyarakat paham terhadap sosial distancing yang saat ini diberlakukan karena pendemik virus Corona. Namun, kata Aa Gym, akan sangat berbeda jika masyarakat bisa paham betul tentang keadaan yang terjadi.

 

Baca juga:

Ajak Umat Jalankan Fatwa MUI Terkait Corona, Aa Gym Tutup Masjid Daarut Tauhid

 

“Jadi yang diperlukan saat ini terus menerus dengan jernih memberikan pemahaman tentang fatwa tersebut, karena fatwa itu pun tidak menyeluruh sifatnya. Fatwa itu ada untuk kondisi yang merah artinya sangat berbahaya, maka itu tidak boleh. Tapi ada juga yang dalam kondisi baik-baik saja, sehingga masih diperbolehkan ke masjid. Jadi harus bijak sekali,” jelasnya.

Dalam pesan tersebut, Aa Gym mengajak seluruh umat agar mematuhi fatwa MUI dan otoritas pemerintah. Sebab, lanjutnya, dengan mematuhi otoritas MUI dan pemerintah akan membawa kebaikan bagi kita sendiri dan masyarakat yang lain.

“Sesungguhnya Allah mengetahui kecintaan kita pada masjid. Tetapi dalam kondisi darurat seperti ini, akan membawa kebaikan kalau kita mematuhi fatwa itu. Karena kita tidak tahu apakah kita yang membawa virus itu atau tidak. Jangan sampai kita yang menyebarkan virus tersebut pada orang lain,” tuturnya.

Aa Gym menegaskan bahwa Allah tahu semangat dan rasa cinta kita ke Masjid. Untuk itu, ia meminta umat jangan khawatir karena Allah akan memberikan pahala yang sama.

“Apakah kita ke masjid atau tidak, Allah akan mencatat. Hanya saja keadaan sekarang darurat dan harus dipahami bersama. Yakin kepada Allah dan semoga ini cepat selesai sehingga kita bisa seperti sediakala,” pungkasnya. (dt)

 

Baca juga:

Aa Gym Ajak Masyarakat Ikuti Fatwa MUI, Salat di Rumah untuk Cegah Corona

Responsive image
Other Article
Responsive image