:
:
News
Bantu Perangi Corona, Hotel-Hotel di Makkah Tawarkan Diri Jadi Unit Isolasi

gomuslim.co.id - Tujuh hotel kelas atas di Makkah menawarkan diri kepada otoritas kesehatan Saudi untuk kemungkinan digunakan sebagai area isolasi bagi orang yang terinfeksi virus corona (COVID).

Kamar Dagang dan Industri Makkah (MCCI), yang mewakili pemilik bisnis dan investor di Makkah, mengumumkan bahwa langkah itu sebagai bagian dari upaya untuk membantu Kerajaan dalam memerangi pandemi corona.

Ketua MCCI, Hisham bin Mohammed Kaaki mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan Gedung Al-Sabeen miliknya untuk otoritas kesehatan.

“Sebagai bagian dari inisiatif, MCCI menyediakan layanan dan diskon untuk staf keamanan dan pekerja kesehatan di Makkah. Inisiatif selama krisis pandemi ini bekerja sama dengan toko-toko komersial, lembaga dan perusahaan,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Arab News, Selasa (24/3/2020).

MCCI telah menyiapkan survei bagi anggota untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi sektor swasta sebagai akibat dari pandemi.

Ismat bin Abdul Karim Ma'atouq, sekretaris jenderal yang ditunjuk MCCI, mengatakan bahwa survei akan menyoroti kebutuhan sektor swasta, serta efek negatif dari tindakan pencegahan coronavirus, sehingga pihak berwenang dapat mengembangkan solusi yang efektif.

 

Baca juga:

Pemandangan Langka, Gerombolan Burung Kelilingi Kakbah Saat Corona Mewabah

 

MCCI memimpin gerakan mendorong sektor bisnis dan orang-orang Saudi untuk mengikuti saran dari otoritas kesehatan untuk mengekang wabah. Misalnya anjuran untuk tetap tinggal di rumah, menghindari pertemuan dan mengikuti protokol kebersihan.

“Staf MCCI bekerja online setiap saat untuk menyediakan layanan bagi sektor bisnis dan penerima manfaat,” katanya.

Ma'atouq mengatakan bahwa MCCI telah berkontribusi secara sosial serta meningkatkan kesadaran untuk memerangi pandemi. Dia memuji pebisnis yang menanggapi permohonan darurat dengan menyetujui memberikan diskon untuk staf keamanan dan pekerja kesehatan di Makkah.

Seperti diketahui, Arab Saudi telah menghentikan sementara kedatangan jemaah umrah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia, untuk mengantisipasi penularan virus corona. Kebijakan yang diambil sejak Kamis (27/2) itu, tak hanya menyulitkan perekonomian negara-negara asal jemaah umrah, tapi juga berdampak ke Makkah dan Madinah yang menjadi kota tujuan.

Bisnis hotel di Makkah dan Madinah diproyeksikan akan kehilangan pendapatan hingga 40 persen dari kondisi normal. Apalagi jika kebijakan pembatasan jemaah umrah itu berlangsung lama, kerugian bisa lebih besar. (jms/arabnews)

 

Baca juga:

COVID-19 Kian Masif, Saudi Larang Kegiatan Salat di Pelataran Dua Masjid Suci

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store