:
:
News
Ikut Saran Pemerintah, Kegiatan Ijtima Jamaah Tabligh Dunia Dibatalkan

gomuslim.co.id - Kegiatan ijtima jamaah tabligh dunia di Desa Pakkatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan akhirnya resmi ditunda oleh panitia setelah mengikuti saran dari pemerintah. Keputusan ini dibuat panitia mengingat penyebaran virus corona (COVID-19) semakin cepat di sejumlah wilayah di Indonesia. 

"Melihat perkembangan saat ini dan berdasarkan anjuran pemerintah dalam rangka membatasi penyebaran virus corona, maka dengan ini kami dari pelaksana Ijtima Zona Asia menyatakan untuk menunda kegiatan ijtima," kata Ali Juru bicara Ijtima Ulama Zona Asia Ali Yubra, Kamis (19/3/2020).

 

Baca juga:

Lembaga Islam di Afrika Selatan Bantu Pulangkan 700 Mahasiswa dari 59 Negara

 

Ali mengatakan, para peserta yang telah hadir di lokasi acara akan dipercepat proses kepulangannya. Bersama pemerintah, kata Ali, pihaknya sudah menyiapkan kendaraan yang akan digunakan peserta dari daerah Sulawesi Selatan untuk dipakai pulang.

Sementara untuk warga negara asing, Ali mengatakan bahwa saat ini akan dibawa ke tempat isolasi untuk selanjutnya dikarantina dan diperiksa kesehatannya. "Kami telah mengurus untuk mengisolasi agar terpisah dari orang-orang lokal Indonesia dan melakukan pengawasan dengan cara menyiapkan tenaga medis untuk memantau pemeriksaan mereka," tutur Ali. 

Sebelumnya, panitia menyelenggarakan acara ini karena menurutnya warga negara asing tersebut sudah berada di Indonesia sejak 2 hingga 3 bulan yang lalu. Ia mengatakan, sejak tanggal 18 Maret, panitia tidak lagi mendatangkan peserta dari negara Pakistan dan Bagladesh.

 

Baca juga:

Wabah Virus Corona, Wapres RI Minta Umat Muslim Ikuti Fatwa MUI

 

Diketahui, Ijtima Dunia 2020 Zona Asia yang akan dilaksanakan Minggu 20-22 Maret 2020 di Pakkatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dihadiri ribuan jemaah dari berbagai negara.

Tak hanya itu, 478 Warga Negara Asing (WNA) dari 48 negara juga bakal menghadiri acara tersebut. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo menyatakan, panitia kegiatan Ijtima Dunia 2020 Zona Asia yang diikuti sekitar 8.000 peserta dari 48 negara di Pakatto, Gowa, sudah sepakat akan menunda kegiatannya.

"Baru saja dapat kabar dari Pak Kapolres dan Pak Dandim kalau panitia pelaksananya sepakat menunda kegiatan hingga situasi kembali membaik dari wabah virus corona atau Covid-19," ujar Adnan Purichta Ichsan YL di Gowa. (Mr/kompas)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store