:
:
News
Terkait Corona, Masjid Salman ITB Terapkan Pola Social Distancing dan Hentikan Salat Jumat 

gomuslim.co.id - Sejumlah Masjid di Tanah Air mulai menerapkan upaya pencegahan penularan virus corona (COVID-19). Salah satunya Masjid Salman Institut Teknologi (ITB) Bandung yang menerapkan pola social distancing bagi jamaah. Dengan pola ini, jamaah diminta menjaga jarak aman antara satu dengan lainnya. 

Direktur Eksekutif Salman ITB Eri Marawijaya, mengatakan pola ini merupakan bagian dari sebuah ijtihad. "Sebenarnya tidak boleh seperti itu. Ketika salat itu harus rapat dan lurus," ujarnya, Kamis (19/3/2020).

 

Baca juga:

Karena Corona, Muadzin di Kuwait Ubah Redaksi Adzan Jadi Begini

 

Ia menegaskan, penerapan pola tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona. "Tapi kita melihat perkembangan terakhir seperti ini, kondisinya dengan adanya COVID-19 dan ITB sudah memberikan edaran, dari Pemkot Bandung dan Pemprov Jabar," tuturnya.

Selain itu, MUI juga mengeluarkan fatwa yang dapat digunakan sebagai rujukan. "Termasuk MUI, ketika dalam kondisi darurat kita bisa melakukan sesuatu yang membuat atau bagian dari protokol kesehatan. Bahkan MUI mengeluarkan Fatwa MUI, boleh meniadakan salat berjamaah ketika kondisi itu dirasakan tidak kondusif," ujar Eri.

"Berdasarkan itu kita lihat, bahwa perkembangan terakhir ya mencegah lebih baik daripada mengobati. Sesuai kaidah, jadi mengambil, atau menghindari sebuah maksadat, kecelakaan, kejelekan, itu diutamakan," sambungnya. 

 

Baca juga:

Selain di Dua Masjid Suci, Saudi Hentikan Salat Berjamaah di Masjid Karena Corona

 

Pengurus Masjid Salman ITB sendiri memastikan penghentian sementara salat Jumat akibat wabah virus corona atau COVID-19 yang menyebar di Indonesia, Jumat (20/3). Berdasarkan laman Instagram Salman ITB, penghentian salat Jumat dilakukan hingga terdapat pemberitahuan lebih lanjut.

Humas Masjid Salman ITB Lili Nurhayati mengatakan Masjid Salman memang tidakmelaksanakan salat Jumat untuk hari ini sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. “Selanjutnya, Masjid Salman mengimbau salat Jumat di masjid terdekat rumah atau diganti zhuhur di rumah masing-masing," ujarnya.

Dalam surat keputusan pembina Masjid Salman ITB tentang kebijaksanaan salat Jumat yang diterima, pertimbangan salat Jumat tidak dilaksanakan karena situasi Covid-19 di Bandung, menjaga kesehatan masyarakat, dan kewajiban laki-laki Muslim untuk salat Jumat.

Pada surat tersebut diputuskan, Masjid Salman ITB menganjurkan masyarakat salat Jumat dan salat wajib berjamaah di lingkungan terdekat masing-masing dengan memperhatikan protokol kesehatan. Masyarakat diimbau memperbanyak doa dan zikir kepada Allah SWT.

Selanjutnya, masyarakat diimbau menjaga kesehatan diri dengan protokol kesehatan yang ditetapkan. Keputusan penghentian pelaksanaan salat Jumat dilakukan sampai ada keputusan selanjutnya. (Mr/detik)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store