:
:
News
Lembaga Islam di Afrika Selatan Bantu Pulangkan 700 Mahasiswa dari 59 Negara

gomuslim.co.id – Sebagai upaya memperlambat penyebaran virus corona atau COVID-19, salah satu Institut Islam di Afrika Selatan membantu 700 mahasiswa dari 59 negara pulang ke rumah mereka masing-masing.

Wakil Rektor Institut Darul Uloom Zakariyya, Bashir Mohamed  mengatakan, sebagian besar mahasiswa yang perbatasan negaranya ditutup, menerima izin untuk pergi lebih awal. Padahal, beberapa mahasiswa senior di Institut Darul Uloom Zakariyya ynag telah belajar untuk menjadi seorang imam, masih memiliki ujian tulis hingga Selasa (24/3/2020) mendatang. 

Ia pun mengungkapkan bahwa sebelumnya ada dua mahasiswa yang menuju Oman harus kembali dari bandara ketika mereka mengetahui bahwa penerbangan mereka dari Pakistan telah dibatalkan. "Ayah mereka sedang mengerjakan pengaturan lain," ungkap Mohamed seperti dilansir dari publikasi News24, Kamis (19/3/2020).

 

Baca juga:

Sekjen Liga Muslim Dunia: Penutupan Masjid Selama Pandemi Corona Sesuai Syariat Islam

 

Ia menyebut ada seorang dokter yang telah memantau sejumlah mahasiswa di asrama sekolah dan tidak ada yang menunjukkan gejala. Mohamed juga mengatakan bahwa kalender akademik institut berakhir pada bulan Ramadhan, yang diperkirakan pada April, dan para siswa menyelesaikan tahun akademik mereka pada waktu itu.  

Lebih lanjut, ia menjelaskan, lembaga ini memiliki sejumlah kampus di beberapa wilayah yakni di Taman Zakariyya dekat Vereeniging, satu di Newcastle, satu di Azaadville dan dua di Durban. Ini merupakan bagian dari tindakan yang lebih luas yang diambil lembaga-lembaga keagamaan dan pendidikan agar sejalan dengan deklarasi presiden yang menuutup sekolah dan pertemuan dibatasi untuk 100 orang. 

Sebelumnya, pertemuan Kabinet memutuskan akan ada larangan perjalanan dari negara-negara berisiko tinggi seperti Italia, Irak, Korea Selatan, Spanyol, Jerman, Amerika Serikat, Inggris, dan China. Selain itu, 35 bandara dan delapan pelabuhan laut ditutup. 

Meski demikian, Masjid-masjid di Afrika Selatan akan tetap terbuka, tetapi Dewan Yudisial Muslim (MJC) mengatakan salat Jumat dan salat berjamaah setiap hari akan dibatasi hingga 100 orang per masjid. (mga/News24)

 

Baca juga:

Catat 238 Kasus, Saudi Mulai Lakukan Penelitian Coronavirus

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store