:
:
News
Corona Infeksi 62 Orang, Sejumlah Masjid di Afrika Selatan Tutup Sementara

gomuslim.co.id – Sejumlah masjid di kota Cape Town, Afrika Selatan sementara waktu menutup pintunya untuk jamaah dalam upaya mengurangi penyebaran virus corona yang telah menginfeksi 62 orang di negara itu. Salah satunya Masjidul Quds yang merupakan salah satu masjid terbesar di Cape Town.

Imam Masjid Al Quds Cape Town, Sheikh Abdurahmaan Alexander mengatakan masjid-masjid tersebut akan ditutup sementara ditutup dimulai sejak Selasa (17/3/2020) lalu. "Atas nama imam masjid Quds  (kepemimpinan), dewan pengawas dan komite eksekutif, kami dengan suara bulat memutuskan Masjid Al Quds di Cape Town akan tetap ditutup," ujar Sheikh Abdurahmaan dalam dalam sebuah pernyataan video seperti dilansir dari Anadolu Agency, Kamis (19/3/2020).

 

Baca juga:

Selain di Dua Masjid Suci, Saudi Hentikan Salat Berjamaah di Masjid Karena Corona



Sheikh tersebut juga mengatakan bahwa penutupan itu akan mempengaruhi shalat fardu dan shalat Jumat serta program-program lain yang telah dijadwalkan ditiap masjid tersebut.

Namun, Sheikh Abdurahmaan mengklarifikasi bahwa adzan masih akan dilakukan untuk mengingatkan umat muslim bahwa sudah waktunya untuk salat agar mereka dapat melakukan tugas mereka di rumah atau di tempat kerja.

Ia mengungkapkan, keputusan itu dibuat setelah banyak pertimbangan mendalam sesuai dengan keputusan Presiden Cyril Ramaphosa baru-baru ini yang melarang lebih dari 100 orang berkumpul di satu tempat untuk menghindari kemungkinan penyebaran virus yang dikenal sebagai Covid-19.

Presiden Ramaphosa sendiri telah mengumumkan bencana nasional sejak Ahad (15/3/2020) lalu untuk memungkinkan pemerintah memperkenalkan langkah-langkah untuk memerangi penyebaran virus. Langkah-langkah tersebut termasuk, menjaga jarak secara sosial dan menutup sementara sekolah dan lembaga lainnya.

Sementara itu, menurut situs berita yang dikelola oleh stasiun radio Muslim, Voice of the Cape, terdapat dua masjid juga dilaporkan ditutup sementara di Cape Town. Dikatakan Masjid Jalan Utama Claremont dan masjid Shukrul Mubeen di Lansdowne untuk ditutup sementara. (mga/AA)

 

Baca juga:

Antisipasi Corona, Gaza Larang Warga Sakit Salat di Masjid

Responsive image
Other Article
Responsive image