:
:
News
Sekjen Liga Muslim Dunia: Penutupan Masjid Selama Pandemi Corona Sesuai Syariat Islam

gomuslim.co.id - Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL), Mohammed al-Issa mengatakan penutupan sementara masjid-masjid di tengah wabah virus corona jenis baru atau COVID-19 di beberapa Negara Islam dianggap sebagai 'kewajiban agama'. 

“Ini dianggap sebagai kewajiban agama yang ditentukan oleh syariah Islam dan aturan umum serta spesifiknya. Semua orang tahu bahwa pandemi ini mengharuskan Negara untuk mengambil setiap tindakan pencegahan termasuk mencegah segala bentuk pertemuan tanpa terkecuali,” kata al-Issa dalam video yang dilansir dari Alarabiya, Kamis (19/3/2020).

 

Baca juga:

Aa Gym Ajak Masyarakat Ikuti Fatwa MUI, Salat di Rumah untuk Cegah Corona

 

Menurut al-Issa, syariah Islam menyarankan orang-orang yang mulutnya bau setelah makan untuk tidak pergi salat berjamaah. Apalagi jika mereka terinfeksi virus fatal yang telah diperingatkan semua orang tanpa kecuali. "Setiap orang terancam bahaya virus ini,” kata al-Issa.

Sebelumnya, Arab Saudi mengkonfirmasi bahwa mereka menangguhkan semua pelaksanaan salat berjamaah di dalam masjid-masjid di seluruh Kerajaan, dengan pengecualian di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Keputusan untuk menunda salat di masjid-masjid dilakukan setelah terjadi pertemuan antara badan keagamaan tertinggi Arab Saudi, Dewan Ulama Senior, dan Menteri Kesehatan Saudi.

Menteri Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan Arab Saudi, Abdullatif bin Abdulaziz al-Sheikh mengatakan bahwa keputusan untuk menunda salat di dalam masjid datang sebagai bagian dari upaya pemerintah memerangi penyebaran pandemi virus corona.

“Pemerintah mengambil semua tindakan pencegahan penyebaran virus corona. Keputusan untuk segera menghentikan sholat berjamaah dapat dilaksanakan dan kami berharap bahwa para imam, dai dan muazin mengambil tanggung jawab,” kata al-Sheikh. (Mr/Alarabiya)

 

Baca juga:

Wabah Corona, Habib Rizieq Minta Jamaah Liburkan Sementara Kegiatan Majelis

Responsive image
Other Article
Responsive image