:
:
News
Khawatir Corona, Mesir Batalkan Perayaan Isra Mi'raj Tahun Ini

gomuslim.co.id – Kementerian Waqaf dan Islam Mesir mengumumkan perayaan tahunan Isra dan Mi'raj tahun ini akan dibatalkan karena kekhawatiran akan penyebaran virus Corona. Padahal, perayaan tersebut rencananya akan berlangsung pekan depan.

Namun, Kementerian mengatakan sepakat dengan pimpinan gerakan Sufi, yaitu hanya memberikan khutbah pada Jumat (20/3/2020) mendatang, dan untuk menyiarkan langsung simposium ilmiah bersama di televisi nasional tentang hikmah salah satu mukjizat Nabi yang besar ini. Untuk itu, kementerian tidak akan mengadakan kegiatan massal atau kegiatan meriah pada kesempatan itu.

Peringatan Isra dan Mi'raj sendiri jatuh pada 27 Rajab, bulan ketujuh dalam kalender Islam yang bertepatan dengan 22 Maret tahun ini. "Kementerian memutuskan membatalkan perayaan sebagai tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran virus corona," ujar Menteri Wakaf Mokhtar Gomaa seperti dilansir dari publikasi Ahram, Ahad (15/3/2020).

 

Baca juga:

Tiru Saudi, Mesir Batasi Ibadah di Masjid Karena Corona

 

Sebelumnya, Kementerian juga telah memutuskan membatasi kegiatan masjid untuk salat dan khutbah Jumat sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus. Bahkan, khutbah Jumat yang disampaikan tidak boleh melebihi 15 menit. 

Sedangkan, jumlah kasus corona yang terkonfirmasi di Mesir telah mencapai 93 orang. Sejak wabahnya di Wuhan, China, pada Desember 2019, virus Corona (Covid-19) telah menginfeksi lebih dari 145 ribu orang di seluruh dunia dan membunuh lebih dari 5.500 orang. (mga/Ahram)

 

Baca juga:

Waspada Corona, Pemerintah Saudi Beri Durasi 15 Menit untuk Salat dan Khutbah Jumat

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store