:
:
News
SD Muhammadiyah 4 Surabaya Akan Buka Kelas Bahasa Prancis

gomuslim.co.id – Sebagai langkah membuka wawasan internasional bagi para peserta didiknya, Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 4 Surabaya berencana akan membuka kelas bahasa Prancis. Sebelumnya, program tersebut telah dimulai setelah kunjungan yang dilakukan oleh Direktur IFI (Institute Francaise Indonesia) Surabaya, Benoit Bavouset.

Kepala Syaikhul Islam mengungkapkan, kunjungan IFI merupakan bentuk kerjasama sekolah dengan kedutaan Prancis. Kerjasama tersebut dimanfaatkan dengan membuka wawasan anak didiknya supaya memiliki pengetahuan yang luas. Mengingat dunia menjadi semakin mundial, dan kehilangan batas. "Kegiatan ini juga memberikan wawasan internasional yang menjadi salah satu tema pembelajaran di SD Muhammadiyah 4 tahun ini," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (13/3/2020).

Mengambil kegiatan Francophonie Day tahun ini, pihak sekolah bekerja sama dengan IFI Surabaya mengadakan kegiatan untuk memperkenalkan Negara, bahasa, serta budaya Prancis kepada para siswa. "Harapannya anak-anak bisa mendapat manfaat dari berinteraksi dengan warga asing,” ungkapnya.

 

Baca juga:

SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya Sabet Penghargaan di Ajang Konferensi Ilmuan Muslim Junior 2020

 

Sementara itu, Direktur IFI, Benoit Bavouset mengatakan kegaitan tersebut menjadi peluang bagi dua pihak untuk menjalin kerjasama. "Yang paling memungkinkan kami bisa bekerjasama dengan pemberian kelas bahasa Prancis. Karena anak-anak sudah belajar bahasa asing yaitu Inggris dan Jepang jadi akan bisa juga menerima bahasa Prancis," ujarnya.

Kelas bahasa Prancis tersebut nantinya akan memanggil tenaga didik langsung dari IFI yang sudah mendapat pelatihan di Prancis. Untuk memulai kecintaan anak-anak pada budaya Prancis, Benoit memulainya dengan menceritakan Prancis dari hal Yang ditanyakan para siswa. Hingga mengenalkan Prancis dengan bermain permainan tradisional bersama.

"Setiap tahun kami mengadakan kegiatan pertunjukan budaya di IFI, theater hingga pameran. Pameran ini dibuka untuk anak-anak sekolah juga disesuaikan usianya, tujuannya melempar kepingan bola ke gaco paling kecil, dan yang paling dekat dengan target adalah pemenangnya, " paparnya.

Cara menarik yang digunakan oleh Benoit untuk mengenal bahasa dan budaya Prancis adalah melalui pengdekatan dengan permainan khas Prancis, untuk merangsang rasa penasaran anak-anak. Tak hanya mengenalkan permainan, Benoit juga bermain bersama anak-anak. Permainan yang dinamakan Jeu De palets, merupakan permainan terkenal di Prancis. (mga/Muhammadiyah)

 

Baca juga:

UMP Luncurkan Digital Forensik Pertama di Indonesia

Responsive image
Other Article
Responsive image