:
:
News
Kasus Corona Tembus 45, Saudi Perluas Larangan Perjalanan ke Eropa dan 12 Negara

gomuslim.co.id – Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara semua perjalanan ke dan dari hampir seluruh Eropa, Kamis (12/3/2020). Saudi juga menunda semua perjalanan dari 12 Negara lainnya di Asia dan Afrika seiring lonjakan jumlah kasus virus Corona di Kerajaan mencapai 45 orang.

Kementerian Kesehatan Saudi sebelumnya mengumumkan kasus-kasus terbaru seorang pria dan seorang wanita yang dikarantina saat mereka kembali dari Irak serta seorang gadis berusia 12 tahun di Al-Qatif. Diyakini gadis ini tertular virus dari kakeknya yang telah melakukan perjalanan ke Iran.

“21 kasus sisanya melibatkan warga Mesir yang melakukan kontak dengan pengunjung dari Negara asal mereka yang sebelumnya telah dinyatakan positif Corona,” Demikian seperti dilansir dari publikasi Arab News, Jumat (13/3).

Dari 45 orang yang terinfeksi oleh virus, satu diantaranya telah pulih dan sisanya dalam masa isolasi dan menerima perawatan kesehatan sesuai dengan praktik yang berlaku.

Pada 2 Maret lalu, Saudi mengumumkan orang pertama yang dinyatakan positif COVID-19. Sejak saat itu, pemerintah Saudi memberlakukan larangan perjalanan ke Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) serta Swiss, India, Pakistan, Sri Lanka, Filipina, Sudan, Ethiopia, Sudan Selatan, Eritrea, Kenya, Djibouti, dan Somalia.

Kementerian Dalam Negeri Saudi menyatakan bahwa warga Saudi dan warga lain yang tinggal di Kerajaan diberikan waktu 72 jam untuk kembali ke Arab Saudi sebelum keputusan penangguhan perjalanan diberlakukan.

Semua jalur transportasi melalui pelabuhan dan darat dengan Yordania juga ditangguhkan sementara. Pengecualian bagi penumpang yang menghadapi ‘kasus kemanusiaan’ serta lalu lintas komersial dan kargo.

Mereka yang tidak termasuk dalam larangan perjalanan adalah para petugas kesehatan di Kerajaan dari Filipina dan India, dan proses evakuasi. Sementara pengiriman dan perjalanan dagang akan diambil tindakan pencegahan sesuai yang diperlukan.

 

Baca juga:

Saudi Hentikan Fasilitas Layar Sentuh di Masjidil Haram

 

Berikut Negara-Negara dalam Daftar Perjalanan Perjalanan dari/ke Saudi Arabia:

Wilayah MENA

1. Bahrain

2. Mesir

3. Irak

4. Kuwait

5. Lebanon

6. Oman

7. Suriah

8. Turki

9. UEA

 

ASIA

1. China

2. India

3. Pakistan

4. Filipina

5. Korea Selatan

6. Sri Lanka

 

AFRIKA

1. Djibouti

2. Eritrea

3. Ethiopia

4. Kenya

5. Somalia

6. Sudan Selatan

7. Sudan

 

EROPA

1. Austria

2. Belgia

3. Bulgaria

4. Kroasia

5. Siprus

6. Republik Ceko

7. Denmark

8. Estonia

9. Finlandia

10. Perancis

11. Jerman

12. Yunani

13. Hongaria

14. Irlandia

15. Italia

16. Latvia

17. Lithuania

18. Luksemburg

19. Malta

20. Belanda

21. Polandia

22. Portugal

23. Romania

24. Slovakia

25. Slovenia

26. Spanyol

27. Swedia

28. Swiss (bukan anggota UE)

Pada hari Senin (9/3), Kerajaan menangguhkan perjalanan bagi warga dan penduduk ke UEA, Kuwait, Bahrain, Lebanon, Suriah, Mesir, Irak, Oman, Italia, Korea Selatan, Prancis, Jerman, Turki, dan Spanyol.

Sejak awal Februari, Arab Saudi menghentikan perjalanan ke dan dari China, tempat COVID-19 dimulai.

Kementerian Kesehatan Saudi mengimbau siapa saja yang baru-baru ini mengunjungi Negara tempat virus Corona menyebar agar segera menghubungi pusat layanan dengan menghubungi nomor bebas pulsa, 937.

Selain itu, pihaknya mendesak anggota masyarakat yang khawatir tentang virus, atau ingin lebih banyak informasi tentang virus dan tindakan pencegahan yang dapat diambil, untuk menghubungi kementerian. Ditekankan bahwa hanya sumber resmi yang dapat diandalkan untuk memberikan informasi yang akurat. (jms/arabnews)

 

Baca juga:

Total Kasus Virus Corona di Arab Saudi Capai 21 Orang

Responsive image
Other Article
Responsive image