:
:
News
Ilmuwan Muslim Pakistan Ini Ciptakan Mesin Pesawat Ramah Lingkungan Pertama di Dunia

gomuslim.co.id - Seorang ilmuwan Pakistan dan insinyur kedirgantaraan, Dr. Sarah Qureshi akan meluncurkan mesin pesawat bebas-contrail generasi pertama dunia menjelang akhir tahun ini. Pesawat ramah lingkungan pertama itu dibuat untuk menghilangkan dampak negatif dari angkutan udara komersial pada stratosfer yang menyebabkan pemanasan global.

Dilansir dari The Express Tribune, Kamis (12/3/20), Dr. Sarah mengerjakan proyek pesawat tersebut sejak 2018. Ia mengatakan selama penerbangan, gumpalan asap putih yang terlihat dipancarkan dari mesin jet pesawat terbang memiliki efek buruk pada atmosfer Bumi.

 

Baca juga:

Ini Muslimah Pertama yang Pakai Hijab di Parlemen Israel

 

Dr. Sarah merupan ilmuwan pencinta lingkungan, sehingga dirinya mengubah penelitian akademisnya di Universitas Cranfield, Inggris, menjadi upaya penyelamatan planet. Dia mengambil misi untuk membangun mesin jet bebas polusi pertama di dunia.

Dia mengklaim bahwa industri penerbangan dunia saat ini tidak memperhatikan perubahan lingkungan di seluruh dunia dan kebutuhan mesin jet yang bebas polusi. Mereka lebih tertarik mengekstraksi nilai moneter dengan membangun mesin hemat bahan bakar.

 

Baca juga:

Angkatan Udara AS Izinkan Prajurit Berhijab, Berjenggot dan Pakai Turban

 

"Perubahan iklim adalah nyata. Perdebatan tentang hal itu semakin sengit seiring meningkatnya suhu global, pemanasan samudera, menyusutnya lapisan es antartika, gletser yang menghilang, kehidupan laut Atlantik menurun dan lautan menjadi asam ketika tingkat karbon dioksida meroket," tuturnya.

Aktivis di seluruh dunia menjadi lebih vokal tentang bahaya lingkungan sebagai konsekuensi dari perubahan iklim. Melalui saluran yang berbeda, mereka mulai menyebarkan kesadaran tentang fenomena tersebut.

"Kecuali jika Anda memiliki tiket yang dikonfirmasi ke planet merah yang tidak memiliki atmosfer layak huni. Bumi adalah taruhan terbaik dan harus diselamatkan” ungkapnya. (Mr/The Express Tribune)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store