:
:
News
Tiru Saudi, Mesir Batasi Ibadah di Masjid Karena Corona

gomuslim.co.id – Sebagai upaya pencegahan penyebaran epidemi virus corona atau COVID-19, Mesir meniru langkah Saudi untuk membatasi prosesi ibadah di Masjid. Kementerian Agama Mesir sendiri telah mengumumkan waktu salat berjamaah di masjid akan dibatasi.

Dilansir dari publikasi Ahram, Kamis (12/3/2020), Kementerian Agama Mesir menyebutkan bahwa waktu adzan pertama dan kedua, qamat hingga salat hanya diberikan waktu 10 menit. Sedangkan salat maghrib hanya diizinkan selama lima menit.

Untuk salat Jumat, menurut arahan baru, waktu maksimum khutbah Jumat akan dibatasi hanya 15 menit. Mereka tidak boleh melanggar atau sengaja memperpanjangnya dalam keadaan apa pun. Pasalnya, khutbah biasanya berkisar antara 15 hingga 20 menit, tetapi seringkali dapat melebihi waktu itu.

 

Baca juga:

Waspada Corona, Pemerintah Saudi Beri Durasi 15 Menit untuk Salat dan Khutbah Jumat

 


Selain itu, masjid dengan ruang terbuka akan mengadakan salat Jumat di luar sebagai langkah pencegahan tambahan. Pemerintah Mesir pun telah memerintahkan untuk membatalkan pertemuan publik skala besar sebagai bagian dari serangkaian tindakan pencegahan untuk menggagalkan potensi penyebaran virus. Begitu juga dengan kegiatan budaya dan acara olahraga publik telah dibatalkan atau ditunda.

Mesir juga telah meningkatkan kesiagaan di rumah sakit, bandara, dan pelabuhan darat, bersama dengan penangguhan penerbangan ke banyak negara yang mengalami wabah. Sebanyak 59 kasus telah dikonfirmasi positif corona di Mesir sejauh ini. (mga/Ahram)

 

Baca juga:

Dampak COVID-19, Imam Khamenei Sarankan Giat Iktikaf di Iran Dibatalkan 

Responsive image
Other Article
Responsive image