:
:
News
Gandeng Baznas dan Pemprov DKI, Forum Zakat Gelar Workshop Tanggap COVID-19

gomuslim.co.id – Bersama Baznas dan Pemprov DKI, Forum Zakat menggelar Workshop Tanggap COVID-19 sekaligus membentuk tim koordinasi crisis center COVID-19 di gedung Balikota DKI Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Agenda tersebut dihadiri lebih dari 70 orang yang terdiri dari amil zakat LAZ anggota Forum Zakat seperti Dompet Dhuafa, LAZNAS BSMU, DT Peduli, IZI, Bakrie Amanah, Rumah Yatim, LAZ Al Azhar, dan lainnya. 

Turut hadir pula Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman, Suharti, Sekretaris Jenderal Forum Zakat, Nana Sudiana, serta perwakilan Perkumpulan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yakni dr. Fariz Nurwidya. Sementara perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta diwakili dr Ngabila Salam.

Dalam paparannya, dr Fariz menyampaikan beberapa hal hoaks dan fakta yang terus beredar di masyarakat terkait virus COVID-19 serta ciri-ciri penularan dan alur penangannya. Sementara itu, dr Salama menampilkan data-data persebaran virus, asal muasal penemuan virus, dan juga cara penanganan pasien positif Corona.

 

Baca juga:

Muhammadiyah Siap Bantu Pemerintah Tanggulangi COVID-19

 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Forum Zakat, Nana Sudiana mengatakan bahwa lembaga-lembaga zakat harus membantu memastikan penyebaran virus COVID-19 ini agar tidak menembus kalangan miskin dan dhuafa. “Karena selama ini baru di level elite (sosialita) sehingga masih lebih mudah terlacak jejak dan aktivitasnya. Bila virus covid-19 ini sampai ke kalangan menengah ke bawah, kemungkinan penyebarannya lebih luas karena pola hidup sehat di kalangan ini kurang terjaga," ujarnya.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengumumkan pasien positif virus COVID-19 di Tanah Air bertambah delapan orang. Dikabarkan hingga Selasa (10/3/2020) kemarin, jumlah pasien positif mencapai 27 orang. Sampai saat ini, upaya pemberhentian penyebaran virus pun terus dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk oleh Forum Zakat.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto sudah dua kali menyampaikan keterangan terkait perkembangan penanganan COVID-19 di Indonesia, yakni pada siang dan sore hari.

Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi juga menyampaikan perkembangan mengenai WNI di luar negeri yang terjangkit COVID-19.

Secara umum, ada 27 orang yang positif COVID-19 di Indonesia, terdiri dari warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA). Hingga kini ada 4 WNA dalam daftar ini. Ada pula sejumlah kasus COVID-19 yang menjangkiti WNI di luar negeri.

Dua orang dari total sudah dinyatakan negatif COVID-19. Namun perlu sekali lagi tes dengan hasil negatif COVID-19 sebelum dua orang tersebut boleh pulang dari ruang isolasi rumah sakit. (mga/rls/dbs)

 

Baca juga:

Total Kasus Virus Corona di Arab Saudi Capai 21 Orang

Responsive image
Other Article
Responsive image