:
:
News
Komunitas Wisata Panti Ajak Yayasan PYI 'Camping Ground' di Kebun Kopi Cibulao Bogor

gomuslim.co.id – Komunitas Wisata Panti bersama Duta Kopi Indonesia (DKI) mengajak 20 anak panti dari Yayasan Panti Yatim Indonesia (PYI) cabang Ciomas, Bogor untuk berwisata camping selama 2 hari 1 malam di Kebun Kopi Cibulao, Cisarua Bogor.

Ketua Komunitas Wisata Panti, Danu Setyo Nugroho mengatakan, agenda kali ini lebih kepada pengenalan alam dan edukasi berkebun kopi yang tengah menjadi tren di kalangan milennial muslim.

Ketua Komunitas Wisata Panti, Danu Setyo Nugroho

“Agenda kali ini, kami mengajak anak-anak dari yayasan PYI untuk mengenal alam. Mereka kami ajak camping 2 hari 1 malam di tengah hutan. Di area perkebunan Kopi Cibulao di Bogor. Mereka banyak belajar bagaimana cara pembibitan kopi, pemetikan kopi, pengolahan hingga penyajian,” ujar Danu kepada gomuslim, Ahad (8/3/2020).

Selain itu, dalam wisata kali ini, ia mengajak anak-anak dari yayasan PYI untuk lebih banyak bersyukur anak nikmat yang telah Allah berikan. “Mereka di panti pasti tidur nyenyak dengan Kasur. Di kamar mandi dapat menggunakan air sepuasnya. Nah, camping kali ini, kami ingin mengajarkan mereka tentang arti bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada mereka,” terangnya.

Anak Panti saat di ajak Memetik Kopi di kebun kopi Cibulao

“Kalau di gunung, atau hutan kali ini. Mereka di paksa untuk terima tidur beralaskan tanah, hidup bersama alam, hemat dengan air. Harus berusaha jika ingin mendapatkan air. Mereka juga diperlihatkan keindahan Ciptaan Allah,” sambungnya.

Sementara itu, Founder Duta Kopi Indonesia (DKI), Yuha Maulana Kisti mengaku, agenda Camping Ground bersama Komunitas Wisata Panti menjadi inisiasinya sejak bertemu dengan Danu Setyo Nugroho (Red:Komunitas Wisata Panti) sejak Agustus 2019 lalu. Katanya, agenda tersebut selain mengajarkan kepada anak-anak panti tentang Kopi, ia juga ingin mengetahui kebun kopi yang selama ini produknya dijual di kedai DKI miliknya.

Founder Duta Kopi Indonesia (DKI), Yuha Maulana Kisti

“Alhamdulillah kita bisa berangkat setelah rencana yang kita canangkan sejak agustus 2019 lalu. Kita berikan edukasi berkebun kepada mereka anak-anak panti. Selain itu, saya sebagai pemilik kedai kopi DKI, ingin mengetahui kebun kopi di Perkebunan Kopi Cibulao, produk kopi anak bangsa,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kedai Kopi DKI selain penginisiasi agenda Camping Ground, juga sebagai penyalur dana kegiatan tersebut. Dimana, di kedai kopi DKI miliknya, terdapat kotak kuning yang dijadikan sebagai tempat sumbangan ikhlas dari para pengunjung kedainya, juga para karyawannya.

 

Baca juga:

Edukasi Dunia Kerja dan Wirausaha, Komunitas Wisata Panti Ajak Anak Yatim ke Tempat Usaha Car Wash 

 

“Kedai kopi DKI, punya program kotak kuning, dimana kotak kuning ini sebagai kotak amal bagi pengunjung juga bagi karyawan. Jika pengunjung mendapatkan kembalian, bisa sedekah di kotak kuning itu. Bagi karyawan yang mendapatkan tip, juga di alokasikan untuk sedekah. Insya Allah dari Kedai DKI juga memberikan untuk mensupport kegiatan Komunitas Wisata Panti,” katanya.

Kemudian, Pemilik Kebun Kopi Cibulao, Kiryono mengaku senang dengan kedatangan Komunitas Wisata Panti dan TIM beserta dari Yayasan Panti Yatim Indonesia. Dalam kunjungan itu, Kiryono mengajak seluruh tim Komunitas Wisata Panti untuk berkeliling di kebun kopi miliknya yang seluas 35 hektare.

Pemilik Kebun Kopi Cibulao, Kiryono

“Kita ajak mereka berkeliling ke kebun kopi. Kita punya 2 jenis kopi yaitu Arabica dan Robusta. Mereka belajar perbedaan 2 jenis kopi itu. Bagaimana menanamnya, dan bagaimana memetiknya serta bagaimana menyajikannya,” kata Yono sapaan akrabnya di sela agenda camping ground.

Dalam agenda itu, Yono yang juga bersama timnya, mengajak Komunitas Wisata Panti berjalan-jalan mengelilingi perkebunan teh, lalu ke danau titik 0 (Nol) aliran sungai Ciliwung, dan memperlihatkan lebih dekat Gunung Gede.

Komunitas Wisata Panti Bersama Yayasan Panti Yatim Indonesia Berkeliling Cigunung, Tugu Utara Cisarua Bogor

“Mereka menyusur hutan, kebun, sungai. Saya melihat kebahagiaan anak-anak panti ini. Saya menilai, cara yang dilakukan wisata panti ini sangat tepat untuk memberikan kebahagiaan kepada anak-anak panti,” ucapnya.

Kebun Kopi Cibulao yang berada di Cigunung, Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor ini pernah menjadi juara kebun kopi terbaik pertama tingkat Nasional yang memiliki kopi dengan cita rasa ternikmat pada 2016 silam dengan jenis kopi Robusta.

Kepala Asrama Panti Yatim Indonesia, Abi Nasjan menyampaikan terimakasih kepada Komunitas Wisata Panti serta para donaturnya yang telah mengajak anak-anak pantinya berwisata camping ground ke Kebun Kopi Cibulao.

Kepala Asrama Panti Yatim Indonesia, Abi Nasjan

“Dengan cara yang dilakukan Komunitas Wisata Panti ini, membuat anak-anak panti merasa di sayang. Mereka di ajak jalan-jalan, diajak berwisata camping. DIberi berbagai macam edukasi. Saya melihat kebahagiaan mereka disini. Semoga Allah melancarkan kegiatan Komunitas Wisata Panti Aamiin,” kata Abi Najan. (hmz)

 

Baca juga:

Komunitas Wisata Panti Ajak Anak Panti Yatim Indonesia Kelilingi Dua Museum di Jakarta

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store