:
:
News
Selebgram Asal Korea Selatan Ini Temukan Kebahagiaan Setelah Jadi Mualaf

gomuslim.co.id Selebgram cantik asal Korea Selatan Ayana Jihye Moon merasakan perubahan besar dalam dirinya setelah memeluk agama Islam. Ia mengaku mulai merasakan damai dalam hidupnya dan lebih bisa sering untuk tersenyum. “Saya mulai bersyukur, merasa damai, dan sering senyum,” ujar Ayana.

Ayana juga mengaku bahwa saat ini ia mulai mencintai diri sendiri. Hal itu berbeda dengan yang dialaminya sebelumnya. Ia mengaku sempat merasa tidak bahagia sebelum menjadi mualaf. Padahal, Ayana sebenarnya bisa disebut memiliki segalanya.

Ayana Moon sendiri merupakan sosok yang pintar dan populer ketika masih tinggal di Korea Selatan. Kedua orang tuanya pun termasuk orang yang berada. Namun ia tetap merasa tidak bahagia. "Saya selalu dapat beasiswa. Saya populer di sekolah. Namun, saya enggak bahagia," ungkapnya.

Rasa syukurnya tersebut pun semakin meningkat ketika bisa menemukan teman-teman di Indonesia yang selalu memberikan dukungan terhadapnya. Secara khusus, ia menyebut nama desainer kondang Indonesia Dian Pelangi sebagai salah satu teman yang memberikan dukungan. “Dia (red-Dian Pelangi) ajak saya ikut kajian, bertemu teman yang baik. Alhamdulillah banyak teman. Saya belajar Islam langsung," imbuhnya.

 

Baca juga:

Islamofobia di Eropa Makin Merebak, Gadis ini Justru Mantap Jadi Mualaf

 

Ia menceritakan, sejak masuk Islam pada tahun 2012, ia sempat mengalami kesulitan. Tak mudah baginya menjalani kehidupan di Korea Selatan sebagai umat muslim. "Cukup sulit hidup di sana sebagai seorang muslimah, tapi aku baik-baik saja sekarang," ungkapnya.

Kesulitan itu, katanya, di antaranya saat akan mengenakan hijab. Dia tak bisa memakai hijab saat di sekolah. "Karena sebelumnya aku masih siswa SMA, pada waktu itu cukup sulit, aku tidak bisa mengenakan hijab di sekolah," ujarnya.

Selain itu, keputusannya menjadi mualaf juga sempat dipermasalahkan keluarganya lantaran latar belakang anggota keluarga Ayana bukan pemeluk agama Islam. Karena itu, orangtuanya sempat khawatir ketika Ayana memutuskan menjadi mualaf. Terlebih, umat Islam di Korea Selatan masih menjadi kaum minoritas. 

Orangtuanya pun takut Ayana kesulitan menjalani kehidupannya apalagi akhirnya Ayana memutuskan untuk berhijab. Bagi orang-orang Korea Selatan kala itu, berpenampilan memakai hijab masih jarang.

Namun kini, ia mengungkapkan bahwa kehidupannya sekarang justru lebih baik dan menyenangkan. Kini, ia tinggal di Malaysia untuk melanjutkan kuliah dan mengambil program studi komunikasi. "Sekarang tidak apa-apa dan tahun lalu (2017) aku tinggal di Malaysia dan sangat menyenangkan," kata Ayana.

Ia merasakan perbedaan jelas antara kehidupannya di Korea Selatan dan kini di Malaysia. Ia mengaku, baik di Malaysia yang menjadi kawasan domisilinya, maupun saat berkunjung ke Indonesia, ia bisa beribadah di mana pun. Selain itu, ia bisa banyak menemukan makanan yang halal. "Rasanya menyenangkan karena bisa menjalani salat di mana pun. Aku bisa makan makanan halal, rasanya menyenangkan," ungkapnya bahagia.

Di sisi lain, di Korea Selatan, ia mengaku tak bisa beribadah di sembarang tempat. Tak hanya itu, ia pun kesulitan mendapatkan makanan yang halal. "Di Korea aku tidak bisa salat di mana saja dan tidak ada makanan halal. Aku cuma bisa makan seafood, sangat sulit," ujarnya.

Ayana mengaku, ketertarikannya terhadap Islam itu tak lepas dari peran pamannya, Amin. "Sebenarnya saat itu aku punya seorang paman bernama Amin. Ia berpindah agama Islam sekitar 40 tahun lalu. Jadi dialah yang membuatku membaca tentang Islam," ujarnya.

Berkat pamannya itulah, Ayana penarasan tentang agama Islam. Ia kerap berinteraksi dengan pamannya untuk berdiskusi soal Islam. "Kapanpun aku memiliki pertanyaan, paman selalu memberiku jawaban," ucapnya.

Selain kisah spiritualnya yang menjadi sorotan, ia pun viral didunai maya dan entertain karena parasnya yang cantik. Ia digandrungi banyak penggemar dari berbagai negara di media sosial. Saking cantik dan santunnya, Ayana disebut-sebut sebagai eks member girl group K-pop. Berdasarkan kabar yang beredar, Ayana pun memang sempat bergabung dengan F-ve Dolls. Namun, ia disebut mengakhiri kariernya di dunia K-pop dan memilih jadi mualaf.

Tapi, kabar yang menyebutnya eks member girl group K-pop pun ditampiknya. Ayana mengaku dan sudah menjelaskan kepada para penggemar bahwa dia bukan artis K-pop. Namun, para penggemarnya justru tetap meyakini dirinya sebagai eks member girl group. (mga/tribun/genpi/dbs)

 

Baca juga:

Rapper Amerika Ini Mantap Jadi Mualaf Setelah Dengar Ceramah Nouman Ali Khan

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store