:
:
News
Pemerintah Manila Bangun Pemakaman Khusus Muslim

gomuslim.co.id – Gubernur Wilayah Otonomi Muslim Mindanao (ARMM), Mujiv Hataman memuji langkah Pemerintah Kota Manila, Filipina yang telah menggelontorkan dana 49,3 juta peso (Rp 13 miliar) untuk membangun pemakaman Muslim. Menurut Hataman, pendirian makam ini akan bermanfaat terutama bagi mereka yang tidak bisa membawa pulang jenazah keluarganya ke Mindanao.

"Dengan banyaknya diskriminasi terhadap Muslim di sini dan di negara-negara lain, kami menemukan harapan dan kenyamanan dalam sikap yang agung dan menakjubkan yang ditujukan kepada saudara dan saudari Muslim kami," ujar Hataman seperti dilansir dari publikasi Inquirer, Rabu (4/3/2020).

 

Baca juga:

Malaysia Bantu Muslim Dhuafa Filipina Berangkat Haji



Ia mengaku senang karena Wali Kota Isko Moreno dan Dewan Kota Manila yang telah menyisihkan ruang dan dana untuk pembangunan pemakaman bagi umat Islam. Hataman mengungkapkan, umat Islam menghargai apa yang dilakukan Isko dan Kota Manila bagi penduduk Muslimnya.

Menurutnya, Pemerintah Manila sendiri telah mengakui adanya kesenjangan dalam pelayanan sosial, memahami nuansa keanekaragaman dalam budaya, dan menindaklanjutinya secara efektif. “Inilah yang harus dilakukan pemerintah untuk memajukan hak dan kesejahteraan warganya terlepas dari ras, etnis, atau agama mereka," imbuhnya.

Hataman menilai, dengan dibangunnya pemakaman khusus umat Islam ini, Pemerintah Manila telah mencoba mengurangi diskriminasi terhadap umat Islam. Ia pun berharap, kedepannya Pemerintah Manila tidak melakukan diskriminasi lagi terhadap penduduknya yang Muslim.

“Kita harus menghapus diskriminasi, tidak mendorongnya lagi. Dan dalam menyediakan pemakaman Muslim di jantung kota Manila, kami beringsut lebih dekat untuk mengurangi diskriminasi," pria yang juga merupakan anggota parlemen dari kalangan Muslim ini.

Sebelumnya, Isko Moreno telah menandatangani Ordonansi No. 8608 pada Senin (2/3/2020) lalu. Peraturan tersebut mewajibkan Pemerintah Manila memberikan 49,3 juta peso untuk pembangunan pemakaman Muslim. (mga/Inquirer)

 

Baca juga:

Presiden Filipina Tunjuk Saidamen Pangarungan Jadi Kepala Misi Haji 2020

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store