:
:
News
Sasar Keluarga, Prudential Luncurkan Asuransi Jiwa Syariah ‘PruCinta’

gomuslim.co.id – PT Prudential Life Assurance meluncurkan asuransi jiwa syariah bertema ‘PruCinta’. Kehadiran PRUCinta memberikan komitmen kuat Prudential Indonesia selama hampir 25 tahun dalam mendengarkan, memahami dan mewujudkan berbagai kebutuhan perlindungan nasabah dan masyarakat Indonesia, baik yang berbasis konvensional maupun syariah.

Sharia Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Unit Usaha Syariah, Nini Sumohandoyo mengungkapkan tingkat pemahaman masyarakat akan pentingnya asuransi harus diakui masih rendah. Banyak keluarga atau pribadi yang belum sadar akan pentingnya perlindungan jiwa menghadapi risiko yang bisa saja menghadang.

Katanya, data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada 2019 mencatat tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai 1,2 persen dibandingkan dengan Produk Domestik Bruto (PDB). Angka ini jauh tertinggal dari negara-negara Asia lainnya, seperti Korea Selatan 8,4 persen dan Jepang 6,2 persen.

Kabar baiknya, tingkat literasi masyarakat terhadap asuransi syariah sedikit lebih baik. Indeks literasi asuransi syariah sudah mencapai 1,92 persen. Berdasarkan data AAJI kuartal III, tercatat ada 17,8 juta peserta asuransi jiwa individu dan 1,3 juta orang yang memiliki polis syariah.

Untuk mendorong literasi keuangan syariah, Prudential Indonesia memperkenalkan pendekatan berbeda kepada masyarakat. Tak hanya dipandang sebagai produk, asuransi syariah juga menjadi tanda cinta bagi diri sendiri maupun keluarga. 

 

Baca juga:

Ini Daftar Pemenang Penghargaan Agen Asuransi Syariah 2019

 

Oleh karena itu, menurutnya, Prudential Indonesia telah mengembangkan berbagai macam solusi perlindungan dan terus menjadi pemimpin pasar asuransi jiwa syariah sejak diluncurkan pertama kali pada 2007.

"Seiring waktu, tren permintaan atas produk keuangan berbasis syariah terus meningkat, oleh karena itu Prudential Indonesia memperluas portofolio perlindungan berbasis syariah untuk semua (sharia for all) dengan menghadirkan PRUCinta. Solusi terbaru ini adalah bentuk warisan cinta nasabah terhadap orang-orang terkasih karena hanya cinta yang dapat hidup selamanya," katanya.

Berdasarkan data dari OJK, mayoritas masyarakat Indonesia yang memiliki tujuan keuangan fokus semata-mata untuk memenuhi kebutuhan harian mereka, hanya 1,5% yang mempersiapkan dana darurat . Tentunya hal ini sangat berisiko untuk keberlangsungan keluarga karena jika terjadi sesuatu yang mendesak, seperti musibah kehilangan sumber pendapatan utama, maka jangka waktu ketahanan keuangan mereka relatif lemah.

"Hampir tiga dari empat orang (72,1%) mengakui hanya mampu bertahan kurang dari tiga bulan, bahkan sebagian di antaranya tidak lebih dari satu bulan," ungkapnya.

Sementara itu, Head of Product Development Prudential Indonesia, Himawan Purnama,  memaparkan, berbagai pakar finansial menyarankan bahwa tiap keluarga perlu menyiapkan dana darurat untuk kondisi mendesak dan tak terduga, seperti meninggalnya sumber penghasilan utama. Dana ini harus dengan mudah dicairkan dan mencakup minimal total pendapatan rumah tangga selama satu tahun.

"Demi melindungi ketahanan keuangan keluarga yang ditinggalkan, PRUCinta memberikan manfaat santunan meninggal dunia dari Dana Tabarru yang lebih optimal selama 20 tahun dengan pembayaran kontribusi selama 10 tahun. PRUCinta juga menawarkan manfaat jatuh tempo berupa nilai tunai dari Dana Nilai Tunai yang dimaksimalkan setara 100% kontribusi yang telah dibayarkan jika tidak ada klaim selama masa kepesertaan," katanya.

"Selain itu, untuk memberikan ketenangan pikiran, PRUCinta juga memberikan manfaat 3 kali santunan asuransi meninggal akibat kecelakaan serta 4 kali santunan asuransi meninggal, dari Dana Tabarru dan sesuai ketentuan Polis, jika insiden tersebut terjadi dalam periode enam minggu sejak tanggal 1 Ramadan yang ditetapkan oleh pemerintah," pungkasnya. (hmz/dream/dbs)

 

Baca juga:

Prudential Group Fokus Sasar Generasi Milenial Minati Reksa Dana Syariah

Responsive image
Other Article
Responsive image