:
:
News
Terkait Virus Corona, MUI Minta Masyarakat Indonesia Lakukan Hal Ini

gomuslim.co.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta seluruh warga Indonesia untuk lebih menguatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan meminta perlindungan atas marabahaya terutama pada wabah virus yang kini masuk ke Indonesia.

Sekertaris Jenderal (Sekjend) MUI, Anwar Abbas menilai wabah virus corona asal China dapat dilihat dari sudut pandang keilmuan. Menurutnya, ada dua hal yang dapat dilakukan dalam menghadapi masalah wabah cirus corona (covid-19).

“Pertama, mengatasi masalah ini secara keilmuan. Untuk itu, harus diperhatikan ketentuan-ketentuan yang telah dibuat oleh para ahli, dalam hal ini tentu saja dari para pakar medis dan kedokteran,” ungkap Anwar Abbad dalam keterangan tertulis pada Rabu (4/3/2020).

“Kedua, kita melakukan evaluasi diri dan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dengan melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangannya,” sambungnya.

Ia menuturkan, kalau kedua hal itu sudah dilakukan, maka sikap selanjutnya tentu saja berpasrah diri kepada Allah. Karena, di tangan-Nyalah segala sesuatu itu akan bisa ada dan atau tidak akan ada.

 

Baca juga:

Perketat Wilayah Perbatasan, Arab Saudi Karantina Puluhan Orang yang Terkait Kasus Corona

 

Anwar menjelaskan, jika ada suatu musibah yang menimpa suatu negeri, misalnya, maka dalam perspektif agama Islam ada tiga kemungkinannya. “Pertama ujian dari Allah, kedua azab dari-Nya, dan ketiga karena cinta-NYA kepada kita. Dan kita tidak tahu apakah kehadiran virus corona ini ujian, azab, dan atau karena cinta Allah kepada kita,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Sekjen MUI, KH Solahuddin Al Aiyub menyatakan,  bagian penting untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari musibah penyebaran virus yang sangat berbahaya ini.

“Kita menata diri dengan memperbanyak taubat, memohon ampun kepada Allah Azza wa Jalla, meninggalkan perilaku dzalim, memperbanyak sedekah, dan meninggalkan permusuhan. Karena penyebaran virus Corona ini bisa jadi merupakan peringatan dari Allah SWT supaya kita lebih dekat kepadaNya,” kata KH Al Aiyub,

Ia meminta masyarakat mau melaksanakan Qunut Nazilah agar terhindar dari virus corona. Katanya, seperti yang di ketahui, Qunut Nazilah merupakan doa untuk menangkal turunnya mala petaka seperti penyebaran virus ini. Qunut Nazilah ini dibaca setelah ruku’ pada rakaat terakhir shalat fardhu, baik ketika menjadi imam atau sendirian.

Ia juga meminta masyarakat memperbanyak wudhu sesuai dengan tata caranya secara benar dan sempurna, khususnya dalam mencuci kedua tangan (ghaslul kaffaini) sangat perlu disebarluaskan.

“Agar melakukannya lebih ekstra dengan memakai sabun agar diyakini lebih bersih, saat berkumur (tamadhmudh), dan saat membersihkan hidung (istinsyaq), karena sesuai keterangan para ahli kesehatan, cara-cara tersebut diyakini dapat menangkal penularan virus Corona,” paparnya.

Kemudian, Wakil Ketua Umum MUI, KH. Muhyiddin Junaidi dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa MUI mengimbau semua elemen bangsa untuk tetap tenang, bersatu, mengedepankan sikap saling membantu, menghindarkan perilaku saling berbantahan dan saling menyalahkan, serta tidak menyebarkan berita atau informasi yang belum diketahui kebenarannya. “Bersama-sama melakukan segala upaya untuk menangkal dan meminimalkan potensi penyebaran virus Corona tersebut,” pungkasnya. (hmz/mui)

 

Baca juga:

Cegah Penyebaran Corona, Rumah Zakat Sosialisasikan PHBS di 33 Provinsi

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store