:
:
News
Raih Sertifikasi Syariah, RSUD Meuraxa Aceh Siap Jadi RS Pendidikan

gomuslim.co.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman sebagai kepala daerah pelopor sertifikasi syariah di RSUD Meuraxa pada acara International Islamic Healthcare, Conference and Expo (IHEX) ke-3 Tahun 2020 di Jakarta, Sabtu (29/2).

"Saya memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang telah berhasil berinovasi, dan mendorong hadirnya pelayanan berbasis syariah di rumah sakit-rumah sakit di daerah yang dipimpinnya," kata Wapres

Atas penghargaan ini, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menargetkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa bakal menjadi rumah sakit bagi pengembangan pendidikan.

"Ke depan RSUD Meuraxa dikembangkan sebagai rumah sakit pengembangan pendidikan. Yang mana akan mengikat kerja sama dengan lembaga pendidikan, seperti universitas dan perguruan tinggi," katanya

 

Baca juga:

MUKISI Targetkan Seluruh RS di Indonesia Berstatus Syariah

 

Dengan bertambahnya fungsi rumah sakit pendidikan, lanjut dia, maka RSUD Meuraxa tidak hanya memberikan pelayanan medis namun juga kebutuhan spiritual terutama bagi pasien yang sedang sakit.

Menurut dia nantinya RSUD Meuraxa mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan kesehatan secara terpadu, yakni dalam bidang kedokteran, dan pendidikan kesehatan lainnya secara multiprofesi.

"Di RSUD Meuraxa ini nantinya akan menyelenggarakan pendidikan dan penelitian secara terpadu di bidang pendidikan profesi kedokteran, dan pendidikan tenaga kesehatan lainnya," kata Aminullah.

Penghargaan tersebut berasal dari Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) yang diberikan kepada Aminullah Usman yang dinilai sebagai Kepala Daerah Pelopor Sertifikasi Syariah di RSUD Meuraxa.

Di kesempatan ini Wapres mengatakan, dewasa ini muncul tren di kalangan masyarakat Muslim kebutuhan paripurna, yang "kaffah". Layanan ini, katanya, tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga ketika membutuhkan layanan medis.

"Ada kebutuhan bimbingan spiritual saat sedang di rumah sakit, bahkan saat di penghujung ajalnya," kata Wapres.

Ma'ruf Amin menjelaskan bimbingan spiritual sangat sulit didapat dari rumah sakit biasa akibat saat ini memang belum dirancang sedemikian rupa, sehingga layanan rumah sakit syariah menjadi alternatif memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

 

Baca juga:

Resmi Dibuka, IHEX 2020 Angkat Tema Wujudkan SDM Kesehatan Bersyariah



Wapres mengungkapkan rumah sakit dengan pelayanan berbasis syariah memiliki keunggulan tersendiri, seperti menghadirkan suasana Islami, jaminan makanan halal, dan pakaian pasien dicuci sesuai dengan cara syariah.

"Jadi ada nilai tambah ketimbang RS konvensional, selain harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), juga mempunyai 'attitude value' yang mampu menerapkan cita rasa Islami atau syariah dalam pelayanannya," demikian Wapres Ma'ruf Amin. (Mr/antara)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store