:
:
News
Indonesia Segera Miliki Uang Elektronik Syariah Pertama di Dunia

gomuslim.co.id – Indonesia akan segera memiliki uang elektronik syariah pertama di dunia, yakni dengan hadirnya LinkAja Syariah. Pasalnya, pada 25 Februari 2020, Bank Indonesia (BI) sudah memberikan izin untuk beroperasinya LinkAja Syariah. 

Sebelumnya, pada bulan September 2019, LinkAja Syariah sudah memiliki sertifikat kepatuhan Syariah dari Dewan Syariah Nasional Indonesia. "Ini merupakan inovasi terbaru keuangan syariah Indonesia yang diharapkan dapat mempercepat pengembangan ekonomi syariah di Tanah Air," ujar Direktur Pendidikan dan Riset KNEKS, Sutan Emir Hidayat dalam keterangannya, Selasa (3/3/2020).

 

Baca juga:

Bebas Riba, Pegadaian Syariah Tawarkan Tabungan Haji dengan Jaminan Emas

 

Dalam suratnya yang ditujukan kepada PT Fintek Karta Nusantara Energy Building, BI telah memberikan persetujuan tentang pengembangan produk uang elektronik server based berupa fitur 'LinkAja Syariah'. Selanjutnya, mengacu pada surat edaran penyelenggaraan pemrosesan transaksi pembayaran (SE Penyelenggaraan PTP), BI meminta PT Fintek Karya Nusantara Energy Building untuk melaksanakan beberapa hal berikut.

Yang pertama ialah menyelenggarakan aktivitas tersebut paling lambat 180 hari terhitung sejak tanggal surat pemberi persetujuan dari BI. Apabila dalam jangka waktu itu belum melaksanakan kegiatan dimaksud, maka persetujuan yang telah diberikan oleh BI dinyatakan batal dan tidak berlaku.

Kedua, menyampaikan laporan realisasi secara tertulis kepada BI paling lambat 10 hari kerja terhitung sejak efektif dimulainnya aktivitas dimaksud, yang dilampiri dengan dokumen pendukung.

Sehubungan dengan persetujuan tersebut, apabila dikemudian hari BI menilai bahwa aktivitas itu tidak sesuaid engan ketentuan dan renana pengembangan yang dilaporkan kepada BI, dan atau berpotensi menimbulkan kerugian bagi masyarakat dalam penyelenggaraan jasa sistem pembayaran, maka BI dapat meninjau kembali keputusan tersebut dan atau meminta PT Fintek Karya Nusantara Energy Building untuk menghentikan aktivitasnya. (mga/Republika)

 

Baca juga:

Bank Syariah Mandiri Pastikan Aset Emas Nasabah Aman

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store