:
:
News
Obati Trauma Pemuda Muslim Somalia, Organisasi Ini Gunakan Metode Yoga dan Berselancar

gomuslim.co.id – Somalia merupakan salah satu dari banyak Negara di dunia yang telah berjuang dan mengalami serangkaian peristiwa malang. Namun, diantara semua hari yang gelap itu, masih ada harapan dan peningkatan berkat munculnya aktivis dan organisasi yang membangun kembali Negara tersebut.

Salah satunya, Elman Peace Center. Organisasi ini membantu para kaum muda muslim Somalia yang menjadi korban perang. Organisasi ini menangani dan mengobati trauma para korban dengan menggunakan beberapa metode khusus, yakni dengan yoga dan berselancar.

"Elman Peace adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1990 dan didedikasikan untuk mempromosikan perdamaian, menumbuhkan kepemimpinan dan memberdayakan kurung masyarakat yang terpinggirkan untuk menjadi pengambil keputusan dalam proses yang memastikan kesejahteraan mereka,” ujar Elman Peace seperti dilansir dari publikasi Mvslim, Selasa (3/3/2020).

Pendiri Elman Peace Center, Ilwas Elman yang juga merupakan seorang Aktivis Sosial Fartuun Adan mengungkapkan, ia sengaja mendirikan organisasi tersebut bersama sang ibu dan saudara perempuannya demi membantu para kaum muda Somalia yang menjadi korban perang.

 

Baca juga:

Model Berhijab Kelas Dunia Asal Somalia Pikat Brand-Brand Ternama

 

Selain itu, organisasi tersebut juga sebagai salah satu tanda hormat kepada sang ayah, Elman Ali Ahmed yang merupakan Aktivis Perdamaian. Sang ayah  telah meninggal ketika sedang berjuang untuk perdamaian. Selanjutnya, saudara perempuannya, Almass Elman yang merupakan seorang pekerja bantuan di Somalia pun menyusul sang ayah akibat terbunuh pada tahun 2019 lalu.

Ilwan menjelaskan, Somalia memiliki salah satu lautan terindah dan salah satu garis pantai terpanjang di daratan Afrika. Sayangnya, bagian Somalia ini telah menciptakan pengalaman traumatis bagi banyak pemuda Somalia. Namun, pada tahun 2011 ketika kemalangan Negara itu tampaknya telah berakhir dan kedamaian sudah terlihat.

Sejumlah orang Somalia pun melihat kondisi tersebut sebagai kesempatan untuk menikmati pantai yang menakjubkan. Namun, orang-orang ini hanya menjadi target teroris dan anak-anak muda menjadi korban kekerasan seksual. Saat-saat bahagia berakhir dengan cepat, dan pantai-pantai ini menjadi pengingat peristiwa traumatis. Selama bertahun-tahun, para aktivis pun telah menggunakan segala macam metode untuk membantu. Salah satunya melalui metode Terapi Kelautan.

Ilwan kemudian menggunakan lautan untuk menyembuhkan anak perempuan dan laki-laki muda yang menjadi korban dari pengalaman traumatis. Meditasi tepi laut, yoga, selancar, permainan air, dan kegiatan lainnya digunakan untuk mengobati dan memulihkan trauma dan stres mereka.  Menurutnya, air menjadi tempat yang aman bagi anak-anak untuk membicarakan pengalaman, perasaan, dan kesehatan mental mereka.

Selain itu, pekerjaan lain yang dilakukan oleh organisasi tersebut adalah dengan menjadi Pusat Sister Somalia. “Ini adalah pusat krisis perkosaan pertama di Somalia. Didalamnya ada pelatihan keterampilan yang mempersiapkan orang dewasa muda untuk masa depan yang lebih baik,” pungkas Ilwas. (mga/Mvslim)

 

Baca juga:

Dua Muslimah Keturunan Somalia Ini Terpilih Jadi Anggota Dewan di AS

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store