:
:
News
Investasi Qatar Bisa Bantu Filipina Jadi Pusat Halal Asia

gomuslim.co.id – Investasi dari Qatar dinilai dapat memainkan peran penting dalam upaya Filipina untuk menjadi pusat halal di Asia. Saat ini, Filipina sedang berupa agar semua lembaga sertifikasi halalnya diakui oleh Qatar. Mengingat bahwa hanya satu dari sembilan entitas lembaga sertifikasi Filipina yang diakui oleh Qatar.

Wakil Ketua DTI-Trade Promotions Group (TPG), Abdulgani M Macatoman mengungkapkan bahwa Filipina butuh lebih banyak lagi fasilitas pemrosesan halal di Negara tersebut. Ia menilai, Filipina dapat mengambil manfaat dari investasi dan keahlian Qatar, serta dalam transfer pengetahuan dan pertukaran praktik terbaik di sektor halal.

“Tetapi tantangan yang kami hadapi adalah bagaimana meningkatkan integritas produk-produk Filipina sebagai halal-compliant dan kami telah mampu mengatasi masalah ini. Sementara, Qatar mengakui badan sertifikasi halal di Filipina, kami ingin berkampanye untuk pengakuan dari delapan agen sertifikasi halal Filipina lainnya di Qatar untuk memperluas jangkauan produk-produk Filipina di sini,” ujar Macatoman yang juga merupakan Wakil Menteri Perdagangan Filipina, seperti dilansir dari publikasi Halal Times, Jumat (28/2/2020). 

Ia mengungkapkan bahwa saat ini sudah lebih dari 1.000 produk halal Filipina dapat menjangkau pasar Qatar. “Kami memiliki pasar tangkapan lebih dari 240.000 OFW (pekerja Filipina di luar negeri) di Qatar. Namun, ada juga sejumlah besar komunitas ekspatriat yang juga melindungi produk makanan Filipina yang tersedia di toko-toko dan hypermarket utama di seluruh negeri,” jelasnya.

Di Timur Tengah sendiri, kata Macatoman, Filipina telah mengekspor sekitar $ 800 juta. Angka tersebut menurutnya juga menekankan bahwa Filipina tengah terus bekerja untuk memperluas pangsa pasar halal di pasar internasional.

 

Baca juga:

Pakistan Halal Authority Siap Beroperasi di Ibukota Islamabad

 

Berkat inisiatif Pemerintah pula, saat ini, usaha kecil dan menengah (UKM) non-halal di Filipina bahkan turut memahami nilai dan pentingnya memiliki produk mereka yang bersertifikat halal.

“UKM Filipina sekarang menyadari bahwa membuat produk bersertifikat halal membuka peluang ke pasar yang lebih luas baik secara lokal maupun internasional. Mereka mulai memahami nilai dari penetrasi pasar utama, yang mencakup 2 Miliar muslim di seluruh dunia. Salah satu tujuan dari inisiatif OBMM (Outbound Business Matching Mission) kami adalah membuka pasar Timur Tengah, khususnya Qatar, untuk UKM Filipina, sehingga produk mereka akan diperkenalkan di sini dan di negara-negara anggota GCC lainnya,” tuturnya.

Perihal tentang kemitraan lain dengan investor Qatar, Macatoman mengatakan bahwa Filipina bisa menawarkan tanah yang subur kepada investor Qatar yang dapat membuat sebagian besar area lahan untuk memasang fasilitas manufaktur untuk memenuhi kebutuhan pertanian mereka, terutama di Mindanao.

Sementara itu, Atase Komersial Filipina untuk Timur Tengah dan Afrika - Charmaine Mignon S Yalong juga mengatakan bahwa pemerintah Filipina berencana untuk membawa delegasi perdagangan lain ke Qatar pada akhir tahun ini untuk memperkenalkan produk-produk lain, terutama untuk perawatan pribadi, farmasi, dan furnitur.

“Kami memiliki rencana untuk kembali ke Qatar tahun ini untuk membawa produk-produk buatan Filipina lainnya. Pemerintah juga ingin memanfaatkan peluang terkait Qatar yang menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2022 FIFA,” pungkas Yalong. (mga/HalalTimes)

 

Baca juga:

IHAF Soroti Pengembangan Standar Halal Global 

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store