:
:
News
Awal Bulan Rajab Mulai Selasa, Ini Anjuran Doa dan Amalan bagi Umat Islam  

gomuslim.co.id - Jutaan Muslim di seluruh dunia menyambut awal bulan Rajab pada hari Selasa, 25 Februari 2020, menyusul pengumuman bahwa bulan baru Hijriah ini tidak terlihat pada hari Minggu petang. Dar al-Ifta Mesir juga mengumumkan bahwa Selasa, 25 Februari 2020 adalah hari pertama dari bulan Rajab 1441 H.

Rajab adalah bulan Hijriah ke 7 dari kalender Islam. Bulan ini dianggap sebagai salah satu dari empat bulan suci dalam Islam di mana pada bulan ini perang dilarang. Bulan Rajab sangat istimewa bagi umat Islam, menjadi pembuka sekaligus kesempatan untuk mempersiapkan bulan Ramadhan, bulan Hijriah ke-9.

Penampakan Bulan

Di Nigeria, Sultan Sokoto, Alhaji Sa'ad Abubakar III, mengarahkan umat Islam untuk mencari bulan baru pada hari Senin, 24 Februari. Abubakar membuat panggilan dalam pernyataan yang ditandatangani oleh Prof. Sambo Junaidu, Ketua, Komite Penasihat Urusan Agama, Dewan Kesultanan, di Sokoto.

"Ini untuk menginformasikan kepada umat Islam bahwa Senin 24 Februari 2020 adalah hari ke-29 Jumadil Tsani 1441 H. Karena itu umat Islam diminta untuk mulai mencari bulan baru dan melaporkan penampakannya ke distrik atau kepala desa terdekat untuk selanjutnya disampaikan kepada Sultan," katanya seperti dilansir dari publikasi About Islam, Selasa (25/02).

Di Pakistan, pertemuan Komite Ruet-e-Hilal Tengah memperkirakan penampakan bulan Rajab, 1441 H pada hari Senin. Namun, Departemen Meteorologi Pakistan (PMD) mengatakan bahwa ada sedikit peluang untuk melihat bulan baru Rajab 1441 H pada malam 24 Februari. Karena itu, Rajab diperkirakan akan dimulai pada hari Rabu.

 

Baca juga:

Kampung Bahasa Arab Lampung Buka Kelas Jelang Ramadhan

 

Kalender Hijriah adalah kalender lunar. Bulan-bulannya dimulai ketika bulan sabit pertama bulan baru terlihat. Karena tahun lunar adalah 11 hingga 12 hari lebih pendek dari tahun matahari, Rajab selalu berpindah sepanjang musim.

Doa Saat Bulan Rajab

Rasulullah SAW mencontohkan untuk membaca doa ini saat bulan Rajab tiba:

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya’bana wa balighna Ramadhana.

Artinya: “Ya Allah, berkailah umur kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah (umur) kami hingga bulan Ramadhan.”

Doa ini bisa dibaca oleh jemaah setelah melaksanakan shalat fardhu.

Dalam buku ‘Keutamaan Ibadah di Bulan Rajab, Tujuan Apa Motivasi’, disebutkan beberapa keistimewaan bulan Rajab. Di antaranya perintah melaksanakan salat lima waktu yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad dalam peristiwa Isra' dan Mi'raj.

Pada bulan istimewa ini umat Islam dianjurkan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah seperti salat, atau amalan sunah seperti puasa rajab, shalawat, dan istighfar. Semua ibadah yang dilakukan itu harus diniatkan karena mengharapkan ridha Allah dengan penuh keimanan dan keyakinan. (jms/aboutislam/dbs)

 

Baca juga:

Muharram Jadi Momen untuk Muhasabah Diri

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store