:
:
News
Konferensi Ini Akan Bahas Masa Depan Komunitas Muslim Kulit Hitam Amerika 

gomuslim.co.id – Inisiatif Lamppost Education akan menggelar Konferensi Muslim Amerika Hitam ke-3 tahunan di The Morrow Center di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, pada 11-12 April 2020 mendatang. Konferensi yang akan berlansung selama dua hari tersebut akan dihadiri oleh para pemimpin nasional dan lokal, pendidik, aktivis, dan orang-orang berprestasi yang disatukan oleh kepedulian terhadap masa depan Islam di komunitas kulit hitam Amerika.

Rangkaian kegiatan akan diisi dengan beberapa diskusi panel di atas panggung, ceramah, pembacaan Alquran, dan puisi. Diharapkan, kegiatan tersebut nantinya dapat menarik ratusan Muslim dari seluruh negara ini.

Konferensi 2020 yang berfokus pada kaum muda Muslim ini akan menghadirkan sejumlah pembicara seperti, Dr Abdullah bin Hamid, Brother Ali, dan Dr Khalil Abdur-Rashid.

Hal itu bertujuan untuk memberikan ruang bagi Muslim Afrika-Amerika untuk belajar, mendiskusikan masalah secara terbuka, dan membangun hubungan satu sama lain. “Ini memberi ruang pada Muslim kulit hitam untuk merasa diberdayakan dan aman. Konferensi ini juga membahas isu-isu yang secara langsung berdampak pada komunitas dan ras mereka,” ujar Imam Zaid Shakir seperti dilansir dari publikasi About Islam, Selasa (25/2/2020).

 

Baca juga:

Bulan Depan, Muslim Amerika Gelar Konferensi Melawan Islamofobia

 

Menurutnya, ketika umat Islam mengakui Bulan Sejarah Hitam pada bulan Februari, komunitas Muslim Hitam berjuang untuk mengidentifikasi cara-cara untuk membuat dampak besar pada kehidupan Muslim Afrika-Amerika di seluruh negara ini

Program komunitas singkat pada bulan Februari ini dianggap tidak menyelesaikan masalah isolasi komunal dan perwakilan terbatas di antara para sarjana Muslim Hitam. "Lamppost telah memulai inisiatif yang luar biasa dan inisiatif itu adalah untuk mendukung dan membuat pengetahuan para cendekiawan Amerika asli dapat diakses," ungkapnya.

Lamppost sendiri telah memainkan peran positif dalam mempromosikan gambaran yang jelas dan akurat tentang Islam dan menangani masalah moral dan sosial-politik dari Muslim kelahiran Amerika. Lamppost bersemangat untuk menjaga, mengamankan, dan mendapatkan inklusi untuk Islam dalam narasi sejarah Amerika dan mosaik agama-budaya. 

Pekerjaan ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Afrika Amerika saat ini. Bulan Sejarah Hitam sangat berarti bagi kehidupan umat Islam, karena dipenuhi dengan sejarah dan kisah-kisah kaya dari tokoh-tokoh kulit hitam. 

Inisiatif Lamppost Education dinilai telah memberikan jendela ke dalam tradisi Islam yang kaya melalui mata para sarjana, intelektual, aktivis, dan pemimpin Muslim Amerika kontemporer.

Organisasi ini pun menawarkan seminar langsung, kursus online, artikel yang membangkitkan pemikiran, dan video eksklusif yang membahas topik-topik Islam, Muslim, dan dinamika sosial-budaya masyarakat Amerika

Sebelumnya, konferensi serupa tahun lalu berlangsung di Atlanta - Georgia dan didukung oleh para sarjana Muslim Afrika-Amerika dari seluruh negeri seperti Imam Dawud Yasin dan Direktur Bagian Mahasiswa di Zaytuna Institut. Mereka dianggap telah berkontribusi pada konferensi selama beberapa tahun terakhir dan memberikan wawasan tentang nasib pemuda Muslim.

Sarjana lain seperti Dr. Jamilah Karim dan Faatimah Knight pun sempat bertugas di beberapa panel untuk mengatasi kebutuhan wanita Muslim Amerika Hitam.

Diketahui, sejarah Muslim Afrika-Amerika secara budaya dianggap penting bagi sejarah Muslim di negara ini. Sangat penting bagi Muslim kulit hitam untuk menceritakan kisah mereka sendiri dan menetapkannya berdasarkan ketentuan mereka sendiri

Konferensi Muslim Amerika Hitam pun akan menyediakan outlet bagi Muslim Amerika untuk berkonsultasi dan terlibat dalam percakapan tentang ras, keragaman budaya, dan pemberdayaan agama

“Meskipun upaya kami sebagai komunitas untuk menyoroti kehidupan Muslim Hitam selama bulan Februari adalah penting, Muslim Afrika Amerika akan memiliki kursi permanen di meja,” pungkasnya. (mga/AboutIslam)

 

Baca juga:

SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya Sabet Penghargaan di Ajang Konferensi Ilmuan Muslim Junior 2020

Responsive image
Other Article
Responsive image