:
:
News
Lewat Film, Pakistan dan Turki Kolaborasi Lestarikan Warisan Islam

gomuslim.co.idPemerintah Pakistan dan Pemerintah Turki sedang membahas kerja sama dalam bidang promosi dan pelestarian arsitektur dan warisan Islam. Asisten Khusus Perdana Menteri Informasi dan Penyiaran, Dr Firdous Ashiq Awan mengatakan bahwa hubungan Pakistan-Turki sangat mengakar dalam warisan dan nilai-nilai Islam yang sama.

Ia menyebut, saat melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Pariwisata Turki - Dr Serdar Cam, hubungan ini tidak terbatas antara kedua negara tetapi mencerminkan ikatan yang tak terduga antara orang-orang dari dua negara. “Kami bangga dengan cara Turki mengadvokasi perjuangan Kashmir karena warga Kashmir yang tidak bersalah layak mendapatkan perhatian masyarakat internasional khususnya, umat Islam,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Daily Times, Senin (24/02/2020).

 

Baca juga:

Pakistan Halal Authority Siap Beroperasi di Ibukota Islamabad

 

Menurutnya, penandatanganan dua protokol kerja sama antara PTV dan PBC dengan mitra Turki mereka, TRT, akan semakin memperkuat hubungan antara kedua negara di bidang media, informasi dan budaya.

Firdous mengungkapkan bahwa langkah tersebut mendapat respons positif dari masyarakat. MoU ini, kata dia, nantinya akan memungkinkan kedua negara untuk menyaring drama dari masing-masing dan mempromosikan tujuan umat Islam.

Selain itu, kedua negara juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama dibidang sinema guna membantu menghidupkan kembali dan mempromosikan industri perfilman nasional.

Ia menambahkan, menjadi tuan rumah Sesi Dewan Kerjasama Strategis Tingkat Tinggi (HLSCC) ke-6 akan terbukti menjadi tonggak lain dalam hubungan bilateral kita yang berlangsung selama lebih dari tujuh dekade. Selain itu, pameran dan lokakarya akan dilakukan untuk mempromosikan warisan budaya dan kaligrafi. “Saya juga senang melihat nota kerja sama pariwisata yang ditandatangani hari ini karena subjek ini dekat dengan jantung Perdana Menteri Imran Khan,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, fasilitas ini adalah refleksi dari upaya pemerintah untuk mengubah negara menjadi negara kesejahteraan pada pola Madinah. Nantinya, akan ada sekitar 2.000 orang memanfaatkan layanan setiap hari di mana mereka diberikan makanan gratis.

Sementara itu, dalam sebuah tweet, Firdous mengatakan Pakistan dan Turki menikmati ikatan persaudaraan dan persahabatan yang unik. Ia menilai bahwa hubungan Pakistan dan Turki berakar pada ikatan agama dan budaya bersejarah. Di bawah kepemimpinan dinamis Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Imran Khan, hubungan bilateral pun semakin meningkat.

Menurutnya, pidato Presiden Turki untuk duduk bersama parlemen untuk keempat kalinya adalah manifestasi dari hubungan bersejarah antara kedua negara. Ia mengungkapkan bahwa pertemuan kemitraan strategis tingkat tinggi Pakistan-Turki keenam adalah bukti peningkatan kerja sama antara kedua negara. Ia pun menilai dukungan Turki yang teguh terhadap sikap Pakistan terhadap Kashmir telah semakin meningkatkan sentimen cinta dan rasa hormat rakyat Pakistan terhadap kepemimpinan dan massa Turki. (mga/dailytimes)

 

Baca juga:

Pakistan dan Turki Rumuskan Penyeragaman Standar Halal Global

Responsive image
Other Article
Responsive image