:
:
News
Fakta Kebaikan Ashraf Sinclair Terkuak, Mulai Donatur Tetap Panti Asuhan hingga Sebutan Ustadz

gomuslim.co.id – Meninggalnya aktor Ashraf Sinclair pada Selasa (18/2/2020) lalu benar-benar mengejutkan dunia entertain di tanah air. Suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) tersebut meninggal lantaran serangan jantung.

Meninggalnya ayah dari Noah Sinclair tersebut juga masih meninggalkan duka dan kesedihan mendalam bagi BCL, rekan sejawat, bahkan masyarakat Indonesia. Pasalnya, Ashraf Sinclair tidak hanya dikenal sebagai seorang artis tampan yang senantiasa menghiasi layar kaca, tetapi dikenal pula sebagai sosok yang ramah, baik hati, dan dermawan.

Fakta-fakta kedermawanan almarhum kini mulai bermunculan. Salah satunya, Ashraf ternyata merupakan seorang donatur tetap dari salah satu Yayasan Panti Asuhan, yakni Daarul Rahman. Hal tersebut diakui langsung oleh Ketua Yayasan panti Asuhan Yatim Daarul Rahman, Ahmad Habib.

"Beliau ini (red-Ashraf Sinclair) adalah donatur tetap Yayasan Yatim Piatu Daarul Rahman," kata Ahmad Habib di rumah duka yang terletak di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (18/2/2020).

Menurut Ahmad, semasa hidupnya, Ashraf gemar beramal. Ia mengakui, Ashraf sangat sering mendatangi Yayasan miliknya dan rutin memberikan sumbangan untuk anak yatim piatu. Ashraf kerap memberikan santunan berupa uang maupun beras untuk anak-anak yatim di yayasan tersebut. "Sudah sekitar empat tahun beliau jadi donatur di sini. Nilainya kadang Rp 2 juta, Rp 2,5 juta, pernah Rp 3 juta, atau beras. Tapi waktu dia berkunjung ke sini nggak bisa diprediksi. Sangat sering. Setiap dapat rezeki apa, beliau pasti datang dan memberi rezekinya ke kami," ujarnya.

Ahmad sendiri mengaku sangat kehilangan Ashraf yang bersosok yang sangat baik dan perhatian. "Sangat familiar, baik hati, tidak segan menyapa. Kami sangat merasa kehilangan saat mendapat berita duka ini," katanya.

Pada akhirnya, Ahmad bersedia buka suara terkait bantuan yang diberikan Ashraf lantaran merasa memiliki kewajiban moral. "Kebetulan beliau adalah bagian dari yayasan ini dan sudah meninggal, maka kami berkewajiban menceritakan kebaikan-kebaikannya," ucapnya.

Lebih lanjut, Ahmad mengungkapkan, ketika ia berkesempatan memandikan jenazah Ashraf, ia melihat wajah Ashraf sangat cerah dan tersenyum. Menurut Ahmad, wajah suami BCL itu tidak seperti orang yang telah meninggal dunia.

"Ketika saya ikut memandikan jenazah almarhum, wajahnya senyum, wajahnya seperti orang tidak meninggal, wajahnya seperti orang yang sedang tidur. Tubuh almarhum juga gampang sekali dibolak-balik," akunya.

Ia berpendapat bahwa semua itu karena kebaikan yang diperbuat Ashraf selama hidupnya. "Barang kali itu bagian atau tanda-tanda kebaikan almarhum yang begitu mencintai anak-anak yatim," imbuhnya.

Yang lebih mengejutkan adalah BCL sendiri tidak tau jika Ashraf menjadi donatur tetap di Yayasan milik Ahmad tersebut. Ahmad mengatakan, selama ini Ashraf mendatangi yayasan miliknya untuk memberikan sumbangan selalu seorang diri tanpa bersama BCL.

"Beliau yang saya tahu hanya datang sendiri. Saya tidak pernah melihat dia datang bersama siapa-siapa. Karena dia kalau bilang, ini amal saya, ini kebaikan saya, enggak perlu diketahui banyak orang," katanya.

Maka dari itu, Ahmad baru bisa bicara soal kebaikan Ashraf ketika dirinya telah meninggal dunia. Hal itu karena ia ingin menceritakan kebaikan suaminya kepada BCL, yang ternyata tidak mengetahui sifat terpuji Ashraf yang seperti itu.

“Pasti seorang istri berbangga kalau punya seorang suami yang mungkin wallahu'alam dia tahu atau tidak, tapi punya amal kebaikan yang sungguh luar biasa," ungkapnya.

Ahmad yang sempat menjelaskan kebaikan Ashraf ini pun membuat BCL menangis histeris saat mengetahui bahwa sang suami semasa hidupnya sering menyisihkan penghasilannya untuk anak yatim di yayasan tersebut.

"Saya bicara dengan Mbak Bunga. Saya sampaikan kebiasaan almarhum kepada yayasan, beliau nangisnya sampai keras sekali. Seakan-akan tidak menyangka gitu atau tidak menduga kalau suaminya sungguh luar biasa yang memiliki sifat dermawan," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pengurus Yayasan Panti Asuhan Daarul Rahman, Ustaz Azhari mengungkapkan hal senada. Ia juga mengungakapkan bahwa Ashraf semasa hidupnya sangat baik hati dan peduli terhadap anak yatim. Bahkan ia menyebut bahwa Ashraf sudah dipandang sebagai sosok ustadz.

"Yang patut kita cotoh itu sosok dari bang Ashraf beliau adalah penyantun anak yatim. Beliau jadi ulama kok makanya kita berikan kepada mba Unge, bang Ashraf Insya Allah tenang di surga sana. Beliau sudah menjadi ulama karena beliau menyantuni anak yatim piatu, beliau seorang ustadz," ungkapnya.

Ia juga menceritakan awal mula saat Ashraf Sinclair menjadi donatur tetap untuk Yayasan Panti Asuhan Yatim Daarul Rahman. 

Menurutnya, semasa hidup Ashraf sempat mengungkap kegelisahannya sebagai umat Tuhan yang tidak ahli beribadah. Kala itu, suami dari Bunga Citra Lestari mengaku sangat ingin berada di tempat terbaik di sisi Tuhan jikalau ia sudah tiba masanya ia tutup usia.

"Beliau sering berada di masjid. Jadi, kalau kita tahu orang kaya banyak, tapi memelihara anak yatim kadang-kadang itu menjadi ganggu pemandangan. Tapi bang Ashraf ini sangat luar biasa malah mencari anak yatim. Semoga nanti ke depan, Noah cepat besar cepat dewasa, jadi anak soleh," tuturnya, (mga/Dream/Suara/Tribun)

Responsive image
Other Article
Responsive image