:
:
News
Aa Gym: Allah Mengabulkan Apa yang Kita Butuhkan, Bukan yang Kita Inginkan

gomuslim.co.id – Setiap manusia pasti mempunyai keinginan dalam menjalani kehidupannya. Namun, sebagai muslim yang baik, keinginan harus sesuai dengan yang Allah SWT sukai. Demikian disampaikan Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam laman Facebooknya, Rabu (19/02/2020).

Menurut Aa Gym, jika seseorang memiliki keinginan, pertama yang harus dilihat adalah niatnya. Setelah memiliki niat yang lurus, sempurnakan ikhtiar di jalan Allah. Kemudian bertawakal, pasrah kepada Allah SWT, dan tetap istikharah.

“Niat itu penting dalam menjalankan sesuatu, salat juga harus ada niatnya, apalagi mengucapakan keinginan. Terkadang Allah tidak mengabulkan apa yang kita inginkan, tapi apa yang kita butuhkan. Itu merupakan karunia bahwa Dia masih mencintai kita, masih memberikan kasih sayang-Nya,” kata Aa Gym.

Aa Gym menambahkan, menjadi tanda tanya besar jika seorang muslim mempunyai keinginan tetapi bukan yang Allah SWT sukai.

 

Baca juga:

Aa Gym: Tiga Cara Mensyukuri Waktu

 

“Harus ada koneksinya, harus ada kaitannya, dan harus ada dasarnya. Keinginan itu memang fitrah manusia yang kalau kita sadari sangat dominan, tapi sebagai seorang muslim yang baik, harusnya keinginan itu bisa terkelola dengan baik sesuai dengan yang Allah Swt inginkan,” ujarnya.

Aa Gym menjelaskan tentang ayat Alquran dalam surat Al-Baqarah, yang berisi tentang keinginan, yakni “Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui,” (QS. Al-Baqarah: [2] : 116)

Ayat tersebut, kata Aa, menegaskan bahwa keinginan yang disukai Allah paling tidak atau paling kecilnya adalah tidak merugikan bagi diri sendiri, apalagi orang lain.

“Makanya jangan sok tahu. Inginkan saja apa yang Allah suka, walaupun tidak kejadian tapi menjadi kebaikan. Kita harus siap untuk tidak terkabul, kenapa? Karena Allah lebih tahu yang terbaik buat kita, sedangkan kita tidak tahu,” papar Aa Gym. (daaruttauhid)

 

Baca juga:

Aa Gym: Tiga Tipe Manusia yang Gagal Raih Ridha Allah

 
 
Responsive image
Other Article
Responsive image