:
:
News
Bertemu Menag, Dubes RI untuk UEA Bahas Tindak Lanjut Poin MoU

gomuslim.co.id – Duta Besar (Dubes) RI untuk Uni Emirat Arab (UEA), Husein Balgis bertemu dengan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Senin (19/2/2020) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI untuk UEA pun membahas tindak lanjut Nota Kesepahaman antar Pemerintan UEA dan Pemerintah Republik Indonesia saat kunjungan kerja Menag ke UEA 14-17 Desember 2019 lalu tentang sejumlah program. Antara lain pengiriman imam masjid, pembangunan Islamic Center, dan bidang pendidikan termasul E-learning bagi siswa madrasah.

"Ada sejumlah kerja sama yang akan dilakukan seperti capacity building, pengiriman imam masjid, pendidikan dan lainnya. Pertemuan ini membahas action plan atau tindak lanjut dari Memorandum of Understanding yang sudah dilakukan," ujar Dubes Husein Balgis.

 

Baca juga:

Gunakan Skema SBSN, Gedung Asrama Haji Transit Kota Sorong Diresmikan

 

Menurut Dubes Husein Balgis, terkait dengan pengiriman imam masjid, pihak Pemerintah UEA mengaku senang. Seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo sendiri, bahwa dalam tiga tahun ini telah dikirim 200 imam Masjid ke UEA.

Dalam bidang pendidikan, menurutmya, akan ada program e-learning bagi siswa madrasah. Dubes Husein Balgis juga menjelaskan, sebagai tindak lanjut dalam MoU tersebut, dalam waktu dekat akan dibangun Islamic Center di Solo.

"Peruntukan Islamic Center selain untuk aktivitas ibadah juga menjadi tempat atau lembaga bagi penguatan wawasan keagamaan yang moderat," ungkapnya.

Sementara itu, Menag sendiri meminta kepada jajarannya untuk menyusun timeline dari tindaklanjut MoU tersebut.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Imam Syafei pun menambahkan, sebagai pilot project akan dilakukan e-learning bagi 100 ribu siswa terdiri dari 50 ribu siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 50 ribu siswa SMP. (mga/Kemenag)

 

Baca juga:

Moratorium Izin Penyelenggara Umrah Dicabut, Masyarakat Bisa Ajukan Izin Baru PPIU

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store