:
:
News
Kemenag Siapkan Regulasi Turunan Undang-Undang Pesantren

gomuslim.co.id - Menteri Agama Fachrul Razi mengungkapkan pihaknya sedang menyiapkan regulasi atau peraturan sebagai turunan Undang Undang (UU) Pesantren. Ia menargetkan, peraturan tersebut selesai tahun ini. 

“Penting saya informasikan bahwa regulasi atau peraturan sebagai turunan UU Pesantren sedang disiapkan Kemenag. Semoga tahun ini bisa diselesaikan sehingga segera ada aturan yang benar-benar berpihak kepada kepentingan besar pesantren,” ujar Menteri Agama Fachrul Razi di Jakarta, Jum’at (14/02).

 

Baca juga:

UU Pesantren Terbit, Kemenag Usul Pembentukan Direktorat Jenderal Pesantren

 

Menag menyebut, jumlah pesantren hingga tahun 2020 ini tercatat sebanyak 28.194 pesantren dengan 5 juta santri mukim. “Kalau ditotalkan dengan santri yang bolak balik rumah ke pondok pesantren dan sebaliknya serta taman-taman pendidikan Alquran dan Madrasah maka jumlah santri kita sebanyak 18 juta orang dengan kurang lebih 1,5 juta tenaga pengajar,” katanya.

Ia menegaskan bahwa lahirnya UU Pesantren bukan untuk mendikotomi pesanrtren dan memaksa mengikuti aturan pemerintah melainkan untuk melestarikan budaya dan kehasan pesantren. “UU Pesantren ini terbit bukan untuk menyeragamkan pesantren, seperti sekolah dan madrasah atau mengatur pesantren agar mengikuti kemauan pemerintah. Akan tetapi UU hadir dalam rangka menjaga keunikan dan kekhasan Pondok pesantren,” tutur Menag.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi menggelar safari ke sejumlah pesantren di Jawa Timur, 21 November 2019. Awalnya Menag bersilaturahim dengan sejumlah ulama di UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Menag berkunjung ke Pesantren Lirboyo, sowan dengan KH Anwar Mansur, KH Abdullah Kafabihi Mahrus, dan para kyai lainnya. Dari Lirboyo, Menag meneruskan safarinya ke Pondok Pesantren (PP) Al Falah, Ploso, Kabupaten Kediri, sowan dengan KH Zainudin Djazuli, KH Nurul Huda, KH Fuad Munim dan Nyai Hj Lailatul Badriyah.

 

Baca juga:

RUU Pesantren Kini Sah Jadi Undang-Undang

 

"Sudah lama niat saya ke sini. Namun karena ada agenda sidang kabinet, kunjungan saya ke PP Al Falah tertunda. Alhamdulillah hari ini saya sampai Pondok pesantren Al Falah. Hari ini juga ada sidang kabinet dan saya sudah izin ke Presiden untuk berkunjung ke sini,” katanya di Pesantren Al Falah, Ploso, Kabupaten Kediri.

Kepada para ulama di Kabupaten Kediri, Menag meminta didoakan agar amanah dalam mengemban tugas sebagai Menteri Agama. "Insya Allah saya siap menjalankan amanah sebagai Menteri Agama, tentunya dengan dukungan para ulama," tutur Menag. (Mr/tribun/foto:santrinews)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store