Responsive image
Responsive image
Home / News
Responsive image
14 Feb 2020

Perangi Virus Corona, KSRelief Saudi Siapkan Bantuan Medis ke China

Nurjamal  - News
Responsive image

gomuslim.co.id - Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan King Salman (KSRelief) menandatangani enam kontrak bersama dengan sejumlah perusahaan internasional. Kontrak tersebut meliputi penyediaan peralatan medis dan persediaan lain untuk memerangi virus Corona (Covid-19) di China. KSRelief juga berkoordinasi dengan kedutaan China di Kerajaan.

Penandatanganan ini sesuai dengan arahan dari Kustodian Dua Masjid Suci King Salman kepada KSRelief untuk memberikan bantuan mendesak ke China untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dilansir dari publikasi Saudi Gazzate, Jumat (14/02/2020), Asisten Pengawas Umum KSRelief untuk Urusan Administrasi dan Keuangan, Dr. Salah Al Mazroui menandatangani kontrak di hadapan Duta Besar (Dubes) China untuk Saudi, Chen Weiqing.

Kontrak pertama ditandatangani dengan perusahaan Kanada Extra Med untuk penyediaan 300.000 masker jenis N95. Lalu kontrak dengan perusahaan Amerika General Electric untuk menyediakan 60 perangkat akustik, serta kontrak lain untuk mengamankan 30 respirator, 89 perangkat syok jantung, dan 200 pompa intravena dengan perusahaan China Mindray.

Al Mazroui juga menandatangani kontrak dengan perusahaan Cina Aiden Investments untuk penyediaan 277 perangkat pemantauan pasien. Kontrak lain untuk penyediaan 500 pompa intravena dengan perusahaan Cina Meditech.

Kemudian kontrak untuk menyediakan tiga perangkat dialisis dengan perusahaan Cina Javron, dan terakhir, kontrak dengan IBI Guard perusahaan Norwegia untuk mengamankan 1.000 pakaian terisolasi.

Pihak Kedutaan Besar Tiongkok berterima kasih kepada Kerajaan atas inisiatif besar dalam memberikan bantuan kesehatan untuk menghadapi wabah ini.

Penasihat Pengadilan Kerajaan dan Penyelia Umum KSRelief, Dr. Abdullah Al-Rabeeah, mengatakan bahwa pihaknya dengan senang hati menandatangani kontrak bersama untuk mendukung China dalam memerangi Covid-19. Kontrak ini juga sebagai implementasi arahan dari Raja Salman.

Dia mengatakan kontrak termasuk penyediaan 1.159 peralatan medis diagnostik, preventif dan kuratif, 300.000 masker N95, 1.000 pakaian isolasi dan bahan penting lainnya yang digunakan dalam masa krisis virus Corona.  

“Tanggapan cepat dari Raja datang sebagai penegasan hubungan kuat kedua Negara dan kedalaman persahabatan sejarah antara Kerajaan dan Cina. Inisiatif mulia ini mencerminkan peran kemanusiaan dari Kerajaan,” ujarnya.

 

Baca juga:

Sebelum Virus Corona, Begini Potret Kehidupan Muslim di Kota Wuhan 

  

Ia menyebut, Kerajaan juga terdepan dalam inisiatif kemanusiaan dan siap berdiri tegak melawan krisis yang dihadapi Negara dan masyarakat. Inisiatif ini, kata dia, juga sebagai bagian dari upaya Kerajaan untuk mendukung stabilitas dan pembangunan berkelanjutan di dunia.

Sementara Dubes Weiqing mengatakan saat pemerintah China berupaya memerangi Covid-19, Raja Salman telah menelepon Presiden Tiongkok Xi Jinping menyatakan dukungannya untuk memerangi epidemi. Raja Salman mengarahkan KSRelief untuk memberikan bantuan ke China dengan cara yang berkontribusi mencegah dan mengendalikan epidemi.

"Pengiriman barang bantuan ini seperti tetesan air hujan kepada dokter dan pasien di Wuhan dan daerah lain. Ini mencerminkan perasaan tulus pemerintah dan orang-orang Arab Saudi terhadap orang-orang China," katanya.

Dubes Weiqing mengapresiasi inisiatif Raja, Putra Mahkota dan pemerintah serta orang-orang Saudi atas gerakan kemanusiaan ini.

Dia juga berterima kasih kepada Dr. Al-Rabeeah dan staf KSRelief atas upaya keras dalam mempersiapkan bantuan ini dengan cara yang mendesak. "Ini bentuk cinta mereka kepada orang-orang China. Kami tidak akan pernah melupakan bantuan Kerajaan ke China setelah gempa Wenchuan pada tahun 2008," tuturnya.

Weiqing menekankan bahwa keamanan kesehatan masyarakat di era globalisasi terkait dengan nasib bersama seluruh umat manusia, dan langkah-langkah kuat yang diambil Tiongkok tidak hanya untuk melindungi kehidupan dan menyembuhkan.

"Arab Saudi, dalam kapasitasnya sebagai ketua KTT G20 saat ini, telah melestarikan planet bumi. Solidaritas internasional adalah cara terbaik untuk menghadapi tantangan penyakit virus dan mengisolasi mereka," katanya,

Ia menyebut penanggulangan virus corona sudah menunjukkan tanda-tanda positif. Hal ini terlihat dari tingkat kematian Coronavirus tetap sekitar dua persen dan jumlah kasus penyakit yang dikonfirmasi telah mulai menurun di sejumlah wilayah China kecuali Provinsi Hubei. (jms/saudigazzate)

 

Baca juga:

Dokter Muslim di Wuhan Ramai-Ramai Daftar Jadi Relawan Corona

 

 

Responsive image
BACA JUGA
Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image
KOMENTAR
Responsive image
TULIS KOMENTAR
Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka

Responsive image
Responsive image