:
:
News
Vlogger Muslimah Inggris Ini Viralkan Cosplay Jilbab Lewat YouTube

gomuslim.co.id – Seorang vlogger kecantikan asal Birmingham, Inggris, Saima Chowdhury menggunakan jilbabnya dalam cosplay untuk menjangkau kaum muda dan mendidik mereka tentang iman dan pakaian agamanya melalui konten YouTube. Hijaber muslimah ini telah bekerja tanpa lelah untuk meruntuhkan penghalang di komunitas mereka dan ikut serta dalam berbagai acara dan menggunakan berbagai teknik.

Saima sendiri sudah menjalankan dua channel YouTube, dengan masing-masing channel memiliki lebih dari 90.000 subscribers. Vlog yang ia buat tentang segala hal mulai dari kesehatan mental hingga menciptakan tampilan riasan yang ikonik.

"Saya mulai melakukan vlogging ketika saya masih di sekolah menengah ketika YouTube saya baru dibuat. Awalnya, saya memposting sebuah video di Facebook yang hanya bisa dilihat oleh teman saya saja. Tapi mereka benar-benar menikmatinya dan menyarankan agar saya mencoba membuat channel YouTube,” ujar Saima seperti dilansir dari publikasi Birmingham Lived, Kamis (13/02/2020). 

 

Baca juga:

Hijabers Korea, Ayana Moon Luncurkan Buku Kisah Perjalanan Hijrah

 

Seiring berjalannya waktu, jumlah subscribers saima bertambah. Tetapi dia berusaha untuk tidak terlalu fokus pada angka. "Saya melakukan ini karena menyenangkan dan saya menikmatinya. Terkadang teman saya bergabung dengan saya di channel saya, meskipun mereka tidak ingin menjadi YouTuber sendiri. Mereka masih menikmatinya,” katanya.

Saima menjelaskan, Cosplay atau permainan kostum adalah hobi di mana peserta berdandan sebagai karakter favorit mereka dari film, buku, atau video game. Kegiatan ini paling sering dikaitkan dengan Jepang tetapi telah menjadi populer di seluruh dunia, terutama di konvensi penggemar.

Cosplay jilbab, menurutnya adalah fenomena baru yang populer dalam beberapa tahun terakhir.  Bagian dari daya tarik cosplay adalah semua datang dengan kostum yang cerdas dan fungsional.

Dengan gerakan luar biasa ini, Saima telah mengikuti jejak orang-orang Muslim lain yang telah menggunakan teknik ini sebelumnya. Ia menunjukkan bahwa cosplay Hijab secara bertahap semakin populer di seluruh dunia.

Misalnya, cosplayer Muslim Malaysia Saakira Izumi menarik perhatian pada 2018 dengan penggabungan gaya jilbab dengan pakaiannya. 

“Saya membawa cosplay ke channel saya karena saya  suka anime. Itu sesuatu yang saya dan teman-teman nikmati. Subscribers saya semua sangat positif tentang hal itu. Mereka sepertinya berpikir itu keren untuk melihat cosplayer jilbab. Ini bisa dilihat sebagai hambatan budaya, tetapi ada cara untuk melewatinya yaitu dengan tidak peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain,” pungkasnya. (mga/AboutIslam)

 

Baca juga:

Anggap Islam Agama Aneh, Penulis Asal AS Ini Malah Mantap Jadi Mualaf

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store