:
:
News
Pertama dari Saudi, Muslimah Ini Jadi Direktur Organisasi Pariwisata Dunia PBB

gomuslim.co.id - Basmah Al-Mayman, menjadi muslimah Saudi pertama yang menjabat Direktur Regional Timur Tengah di Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO). Ia merupakan orang pertama dari Negara Dewan Kerjasama Teluk yang menjadi direktur departemen itu sejak badan tersebut didirikan lebih dari tiga dekade lalu. Ia juga menjadi wanita pertama yang memimpin wilayah Timur Tengah dalam sejarah UNWTO.

Dilansir dari publikasi Arab News, Selasa (12/02/2020), Forbes Middle East menerbitkan daftar peringkat wanita dalam dunia bisnis tahun 2020. Dengan menempati peringkat ke-13, Al-Mayman menjadi satu-satunya wanita yang mewakili pariwisata di dunia Arab.

 

Baca juga:

Pembalap Muslim Saudi Pertahankan Keunggulan di Ajang 15th Hail Nissan Rally

 

Forbes menyebutkan daftar itu dibangun melalui nominasi dan penelitian mendalam berdasarkan kriteria termasuk ukuran bisnis yang dipimpin oleh 100 wanita. "Prestasi mereka selama setahun terakhir, inisiatif yang mereka jagokan, dan pengalaman kerja mereka secara keseluruhan,” sebutnya.

Al-Mayman sendiri memperoleh gelar sarjana sastra dan linguistik Inggris dari King Saud University, dan gelar MBA dari Al-Faisal University. Ia juga adalah anggota pendiri Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Warisan Nasional (SCTH) dan kemudian menjadi anggota dewan direksi.

Dengan telah memegang banyak posisi dan peran perintis, AL-Mayman adalah satu-satunya anggota pendiri Arab dari Komite Program dan Anggaran UNWTO, yang menetapkan pekerjaan badan tersebut dan pekerjaan dewan eksekutifnya.

Sejak 2013, ia merupakan seorang manajer organisasi internasional dan departemen komite di SCTH yang kemudian menjadi titik fokus resmi Saudi untuk UNWTO dan organisasi internasional lainnya.

Al-Mayman diangkat ke posisi UNWTO pada 2018, mengalahkan ratusan pelamar dari seluruh dunia untuk mendapatkan pekerjaan. (mga/ArabNews)

 

Baca juga:

Arab Saudi Luncurkan Sayap Militer Pertama untuk Wanita

Responsive image
Other Article
Responsive image