:
:
News
Tajikistan Bangun Masjid Terbesar di Asia Tengah

gomuslim.co.id Pembangunan masjid terbesar di Asia Tengah segera rampung. Masjid yang terletak di Dushanbe, Tajikistan ini rencananya akan diresmikan pada Maret 2020.

Dilansir dari Abna24, Rabu (05/02/20), Masjid yang berdiri di luas tanah mencapai 12 hektar ini bisa menampung 120 ribu jamaah. Selain itu juga ada fasilitas lain seperti perpustakaan, museum, ruang pertemuan, dan ruang penerima tamu.

 

Baca juga:

Pemerintah Tajikistan Ubah Ribuan Masjid Jadi Bioskop dan Kafe

 

Masjid ini memiliki empat menara besar dengan tinggi masing-masing menara tersebut 75 meter. Masjid ini juga memiliki kubah utama setinggi 47 meter dan 20 kubah kecil.

Pembangunan masjid ini menelan biaya hampir 100 juta dolar AS. Pembangunan proyek masjid didanai oleh Pemerintah Qatar. Peletakan batu pertama masjid ini telah dilakukan sejak Oktober 2009.

 

Baca juga:

Eksekutif Muslim Belgia Ingin Ambil Alih Pengelolaan Masjid Agung Brussels

 

Departemen Arsitektur dan Konstruksi Tajikistan, mengatakan Masjid ini dirancang oleh arsitek asal Tajikistan dan Qatar. Dan seharusnya masjid ini diresmikan pada Oktober 2019. Namun, karena kunjungan Emir Qatar di Tajikistan ditunda maka baru di 2020, masjid terbesar di Asia Tengah ini akan diresmikan. (Mr/Abna24)

Responsive image
Other Article
Responsive image