:
:
News
Begini Perjuangan Guru Rumah Tahfidz Uji Hafalan Alquran Para Santri

gomuslim.co.id - Ratusan rumah tahfidz yang ada di Jawa Timur akan menggelar Wisuda Tahfidz pada 9 Februari 2020 mendatang. Sampai saat ini, tercatat ada 1.154 santri yang sudah mengikuti ujian hafalan dari 58 rumah tahfidz di berbagai daerah. Ujian dilangsungkan pada 21-31 Januari 2020 kemarin.

Berbagai kisah pun datang baik dari ribuan santri maupun ratusan guru atau asaatidz, asaatidzah yang menguji para santri. Terukir cerita indah dibalik ujian yang dilakukan di masing-masing rumah tahfidz tersebut berkenaan dengan perjuangan para santri menghafalkan setiap ayat-ayat Alquran dari usia lima tahun sampai remaja.

Ada pula perjuangan para asaatidz yang berkeliling dari satu rumah tahfidz ke rumah tahfidz lainnya untuk menguji hafalan santri. Seperti perjuangan yang telah dijalani oleh salah satu guru penguji, Ustadz Yakub yang juga merupakan Koordinator Daerah Rumah Tahfidz Jawa Timur ini.

Ia rela berkeliling mulai dari Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, hingga Jember demi untuk bisa menguji hafalan para santri meski terkadang cuaca tak menentu. Menembus panasnya terik matahari dan derasnya hujan bersama sepeda motor kesayangannya, Ustadz Yakub membuktikan perjuangannya untuk mendakwahkan Alquran.

“Alhamdulillah, saya senang menguji para santri, setalah perjalanan jauh kepenatan terbayar saat melihat para santri membacakan hafalannya di depan saya,” ujarnya.

 

Baca juga:

Hafal Alquran 30 Juz, Alasan Gadis Asal Garut Ini Buat Orangtua Kagum

 

Semangat dan perjuangan para santri dan asaatidz dalam mendawamkan Alquran, dinilai tak lepas dari dukungan para donatur yang sampai saat ini masih terus membersamai PPPA Daarul Qur’an.

Pimpinan PPPA Daarul Qur’an Malang, Ivan Mahendra mengatakan, Wisuda Tahfidz Jawa Timur nantinya akan dilaksanakan di Universitas Islam Malang (Unisma).

“Semoga melalui kegiatan ini para santri di seluruh rumah tahfidz tumbuh menjadi generasi yang berjiwa dan berakhlak Qur’ani. Dan semoga semakin banyak penghafal Al-Qur’an yang lahir dari setiap gerakan dakwah tahfidzul Qur’an telah digulirkan,” harapnya. (mga/daarulquran)

 

Baca juga:

Masya Allah, Santri Gaza Ini Setor Hafalan 30 Juz dalam Waktu Empat Jam

Responsive image
Other Article
Responsive image